Mohon tunggu...
Nurul A
Nurul A Mohon Tunggu... mahasiswa

hobi saya mengambar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Psikologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran di Era Digital

4 Juli 2025   09:09 Diperbarui: 4 Juli 2025   09:09 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

Nama : Nurul Alfiyatu Rizqi

Nim    : 2123040

Kelas : PAI 4B

Abstrak

Psikologi pendidikan merupakan cabang psikologi yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam konteks pendidikan, efektivitas intervensi pengajaran, dan psikologi pengajaran. Di era digital, tantangan dan peluang dalam pembelajaran meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran psikologi pendidikan dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, terutama dalam konteks pembelajaran digital. Metode penulisan menggunakan studi literatur dari berbagai jurnal dan sumber terpercaya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa psikologi pendidikan memiliki peran penting dalam memahami karakteristik peserta didik, memfasilitasi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa, serta membantu guru merancang strategi pembelajaran yang efektif dan adaptif terhadap perubahan zaman. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa psikologi pendidikan menjadi fondasi penting dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna di era digital.

Kata Kunci: Psikologi pendidikan, efektivitas pembelajaran, era digital, strategi pembelajaran, peserta didik.

Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan. Transformasi ini tidak hanya mencakup media pembelajaran, tetapi juga cara siswa menyerap informasi dan berinteraksi dengan lingkungan belajar. Munculnya platform pembelajaran daring (online learning), media sosial edukatif, serta sistem manajemen pembelajaran (LMS) menuntut pendidik untuk beradaptasi. Namun, efektivitas pembelajaran tidak hanya bergantung pada teknologi, tetapi juga pada pemahaman mendalam mengenai psikologi peserta didik. Di sinilah psikologi pendidikan berperan penting dalam mendampingi perubahan ini agar proses belajar tetap berjalan optimal dan berpusat pada kebutuhan siswa.

Pendahuluan

Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana individu belajar dalam setting pendidikan serta bagaimana cara terbaik untuk mengajar. Cabang ilmu ini sangat penting dalam memahami proses belajar siswa, merancang metode pembelajaran yang sesuai, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Dalam konteks abad ke-21, pembelajaran tidak lagi bersifat konvensional. Digitalisasi telah mempercepat perubahan dalam gaya belajar siswa. Untuk itu, peran psikologi pendidikan menjadi semakin relevan untuk membantu guru dan tenaga kependidikan menghadapi tantangan-tantangan baru.
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji dan memaparkan bagaimana psikologi pendidikan dapat menjadi solusi strategis dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada masa kini, khususnya dalam konteks pembelajaran digital.

Isi Pembahasan

1. Konsep Dasar Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan membahas teori belajar seperti behaviorisme, kognitivisme, dan konstruktivisme yang menjadi dasar dalam mendesain kegiatan pembelajaran. Selain itu, psikologi pendidikan juga membahas karakteristik peserta didik, perkembangan kognitif, sosial, dan emosional, serta perbedaan individual yang memengaruhi cara seseorang belajar.

2. Pentingnya Memahami Gaya Belajar

Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, seperti visual, auditori, dan kinestetik. Pemahaman ini membantu guru menyesuaikan materi dan metode ajar agar lebih mudah diserap siswa. Misalnya, siswa dengan kecenderungan visual akan lebih terbantu dengan diagram, video, dan gambar, sedangkan siswa kinestetik membutuhkan aktivitas fisik dalam pembelajaran.

3. Peran Teknologi dalam Psikologi Pendidikan

Teknologi bukan hanya alat bantu, tetapi bisa menjadi medium utama dalam pembelajaran. Psikologi pendidikan membantu guru memahami bagaimana siswa merespons media digital, serta bagaimana merancang intervensi yang tepat dalam pembelajaran daring agar tetap interaktif dan menyenangkan.

4. Kesejahteraan Psikologis Peserta Didik

Pembelajaran yang efektif juga memperhatikan kondisi psikologis siswa. Tekanan akademik, isolasi sosial dalam pembelajaran daring, serta tuntutan kognitif yang tinggi dapat menyebabkan stres belajar. Psikologi pendidikan berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang suportif dan mendorong kesejahteraan mental siswa.

5. Strategi Pengajaran Berdasarkan Prinsip Psikologis

Guru yang memahami psikologi pendidikan dapat menggunakan strategi seperti scaffolding (pembelajaran bertahap), diferensiasi (menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa), dan reinforcement (penguatan perilaku positif) untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa.

Kesimpulan

Psikologi pendidikan merupakan fondasi yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama di era digital yang dinamis. Dengan memahami teori belajar, gaya belajar siswa, serta kondisi psikologis mereka, guru dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan adaptif. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi juga harus dibarengi dengan pendekatan psikologis agar pembelajaran tidak hanya informatif, tetapi juga menyentuh aspek afektif dan kognitif siswa secara seimbang. Oleh karena itu, integrasi antara teknologi dan psikologi pendidikan menjadi kunci sukses pendidikan masa depan.

Daftar Pustaka

  1. Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Pearson Education.

  2. Woolfolk, A. (2016). Educational Psychology (13th ed.). Pearson.

  3. Santrock, J. W. (2021). Psychology of Education. McGraw-Hill Education.

  4. Eggen, P., & Kauchak, D. (2016). Educational Psychology: Windows on Classrooms. Pearson.

  5. Schunk, D. H. (2020). Learning Theories: An Educational Perspective. Pearson.

  6. Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

  7. Yamin, M., & Maisah. (2010). Psikologi Pendidikan. Gaung Persada Press.

  8. Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun