Mohon tunggu...
Nurhilmiyah
Nurhilmiyah Mohon Tunggu... Penulis - IRT, Dosen, Narablog

Dosen PNS sejak 2005, jadi Kompasianer sedari 2010, ngeblog di https://www.fadlimia.com/ https://nafanifa.com/ https://www.menggapaicita.com/ https://www.catatanideinspirasi.blogspot.com dan https://www.nurhilmiyah.wordpress.com Sedang menempuh studi doktor di Universitas Sumatera Utara, angkatan 2021. Doakan semuanya lancar ya. Terima kasih, salam sehat.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan bagi Mahasiswa

6 Desember 2021   20:42 Diperbarui: 6 Desember 2021   21:10 306 12 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Saya (hijab coklat) tengah berdiskusi dengan mahasiswa di ruang dosen/dokpri

Sebagai dosen yang diamanahi mengajari dan membimbing mahasiswa setiap harinya, saya merasa terpanggil untuk berkontribusi memberikan ide-ide baru untuk mereka. Baik yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang ditekuni, maupun pengetahuan dan wawasan dalam kehidupan sehari-hari yang diselipkan di setiap aktivitas pendidikan dan pengajaran. 

Mahasiswa kadang-kadang ada yang curhat juga mengenai kondisi ekonomi keluarganya yang mengharuskan menunggak pembayaran uang semesteran. Terbersit di pikiran saya mengapa tidak menyampaikan saja ke mahasiswa tips mendapatkan penghasilan tambahan sehingga mereka sedikit-sedikit bisa mengisi tabungannya. 

Kebutuhan mahasiswa itu lumayan banyak, membayar sambungan internet cepat salah satu, pengeluaran terbesar. Bagaimana tidak, saat ini hampir seluruh tugas disetorkan melalui laman e-elearning kampus, email-email dosen, bikin video, mengikuti perkuliahan virtual meeting, dan masih banyak lagi, yang membutuhkan sinyal yang stabil. 

Maka saya meramunya menjadi poin-poin sebagai berikut:

Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan Bagi Mahasiswa

  1. Mencari beasiswa; saat ini beasiswa bisa diakses dengan mudahnya melalui laman situs resmi pemberi beasiswa, baik yang bersumber dari pemerintah maupun pihak swasta. Ada Beasiswa Unggulan dari Kemendikbudristek, misalnya, dan perusahaan-perusahaan terkemuka yang membiayai mahasiswa melalui program CSR-nya.
  2. Jualan daring; Indonesia itu rakyatnya menuju 300 juta, separuh lebihnya adalah pengguna internet. Maka bayangkan saja betapa ruginya jika sebagai penduduk asli di negeri sendiri, mahasiswa tidak berpikir kreatif menjual produk dengan peluang pembeli mencapai ratusan juta orang. 
  3. Menjadi content creator; mahasiswa bisa menjadi narablog, vlogger, dan pemengaruh di media sosial yang demikian banyak hingga tak perlu disebutkan satu per satu, pasti pembaca sudah familier.
  4. Menjadi freelancer; setelah menyelesaikan tugas-tugas kuliah, tak ada salahnya jika mahasiswa mencoba pekerjaan yang bisa dilakukan dari kos-kosan. Entah itu jadi admin toko online, reseller suatu produk, distributor, maupun menjadi dropshipper.
  5. Menjadi Sobat IndiHome; saat ini tengah ada program akhir tahun dari IndiHome,  dibuka kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan dan peluang meraih hadiah jutaan rupiah buat siapa saja yang bisa mengajak teman satu komunitas, keluarga, kerabat, berlangganan sambungan internet cepat. Kesemua tips di atas juga mustahil akan berhasil jika tidak didukung oleh adanya internet cepat dan stabil.

Makanya perlu banget nih berkenalan dengan Sobat IndiHome. Apa itu Sobat IndiHome? 

Sobat IndiHome atau SOBI adalah ekosistem komunitas yang mampu melakukan "elaborasi" & "kolaborasi" di territory dengan semarak untuk meningkatkan skill & knowledge, menciptakan crowded dari kegiatan komunitas baik secara offline maupun online, secara langsung maupun tidak langsung mampu meningkatkan loyalitas pelanggan, brand awareness IndiHome, dan brand advocate sekaligus menciptakan peluang usaha dengan menjadi channel digital IndiHome.

Sobat IndiHome ini merupakan program akhir tahun dari IndiHome yang bisa menjadi jalan kamu mendapatkan penghasilan dengan mengajak keluarga dan sanak saudara untuk berlangganan internet cepat IndiHome. 

Sudah banyak buktinya juga dari program Sobat IndiHome, kalangan pelajar dan mahasiswa, maupun masyarakat umum memperoleh pendapatan poin bulanan yang tentunya sangat bermanfaat, terlebih di masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini.

Demikian bincang-bincang saya sore tadi bersama ketiga mahasiswa bimbingan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) bidang Riset atau PKM-R. Setelah puas mendiskusikan proposal, mereka menanyakan ke saya apa saja tips mendapatkan penghasilan yang cocok untuk dijalani sebagai seorang mahasiswa.

Kuliah jalan terus, tabungan untuk membantu orang tua melunasi SPP juga terisi penuh. Sip, salam semangat!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan