Mohon tunggu...
Nur Tjahjadi
Nur Tjahjadi Mohon Tunggu... profesional -

Bebas Berekspresi, Kebebasan Akademik, Bebas yang bertanggung jawab...

Selanjutnya

Tutup

Politik

Pancasila Adalah Bagian dari Ajaran Islam

8 Juni 2017   06:36 Diperbarui: 8 Juni 2017   06:53 624 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pancasila adalah bagian dari ajaran Islam. Mari kita bedah satu per satu sila2 yang ada di dalam pancasila dihubungkan dg ayat2 Al Quran.

Sila pertama Ketuhanan yg maha esa. Al Quran sdh bilang kalau Tuhan itu ya cuma Satu atau Esa. Maha Esa atau Ahad ada di QS Al Ikhlas. Orang yg dg ikhlas bertuhan yg Maha Esa mk ia dijamin masuk surga. Semua Nabi mengajak seluruh  manusia untuk masuk surga. 

"Ya ayyuhannaas qul laa ilaha ilallah tuflihuu". Wahai sekalian manusia katakanlah Laa ilaha ilallah maka kamu pasti akan beruntung.

Sila ke 2 Kemanusiaan yg adil dan beradab. Al Quran banyak menyuruh manusia utk berlaku adil. Bahkan seluruh Nabi mengajak umatnya utk berlaku adil. Jgn dzolim. Jgn khianat. Jgn curang. Jangan bohong. Jgn membunuh. Adil dan beradab adalah ajaran islam.

Sila ketiga, Persatuan Indonesia.  Umat manusia dahulunya adalah umat yg satu. Tp kemudian syaiton memecah belah manusia menjadi banyak kepercayaan. Allah swt menciptakan manusia bersuku suku, berbangsa bangsa utk saling kenal bukan utk saling perang dan berseteru.Kalau sila ke 3 adalah :  Persatuan Indonesia, maka Al Quran adalah untuk mempersatukan umat seluruh dunia. Jd Pancasila adalah bagian dari ajaran Islam

Sila ke 4, Kerakyatan yg dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Islam mengajarkan bhw memilih peimmpin itu dg musyawarah. Musyawarah itu perintah Allah. Allah juga memberi contoh sebelum menciptakan manusia dg musyawarah kpd malaikat dan juga iblis.

Sila ke 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ini juga ajaran Islam. Islam mengajarkan adil secara ekonomi dg berzakat, berinfaq dan bersedekah.

Istilah kafir muncul ketika Nabi terakhir datang yaitu Nabi Muhammad saw. Sebagian orang ahli kitab menerima Nabi Muhammad saw sebagai Nabi terakhir, tetapi sebagiannya menolak. Karena di dalam kitab Injil dan Taurat sdh dijelaskan secara rinci ttg ciri2 Nabi terakhir itu seperti apa.

Bahkan ahli kitab itu sangat mengenali Nabi Muhammad saw sebgmn mereka mengenali anak mereka sendiri, saking jelasnya keterangan ttg Nabi terakhir ini di dalam injil dan Taurat. Sebagian ahli kitab ada yg mengingkari dan menutupi ttg kebenaran ini.

Maka muncullah istilah kafir yg artinya mengingkari dan menutupi. Mengapa mereka mengingkari? Ya karena ada alasan materi yg dapat menyebabkan asap dapur tdk mengepul, ini jg ada penjelasannya di dalam Al Quran. Bahkan kejadian ini pun msh terjadi hingga sekarang.

Sebagian orang di Inggris lbh memilih "tidak beragama" utk menghindari pemotongan gaji secara lsg sebesar 30 persen. Nah mengapa al Quran melarang org islam utk memilih pemimpin kafir sampai 16 kali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan