Mohon tunggu...
Nursyamsi El Hasan
Nursyamsi El Hasan Mohon Tunggu... Guru - Sahabat Rumah Belajar

Guru SMAN 1 Losari Cirebon

Selanjutnya

Tutup

Catatan

P4TK Matematika, Inspirasiku

25 September 2013   10:30 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:25 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

“Beruntuk sekali!” Itulahkata-kata yang mungkin dapat saya ungkapkan, karena saya dapat mengenal PPPPTK Matematika Yogyakarta (P4TK Matematika), lebih-lebih saya dapat bergabung dalam beberapa kegiatan yang diadakan P4TK Matematika. Saya katakana beruntung, karena dengan mengenal P4TK saya dapat mengetahui berbagai kegiatan yang ditawarkan P4TK, lebih beruntung sekali saya dapat terlibat dalam kegiatan P4TK baik secara Offline maupun Online. Kegiatan yang ditawarkan adalah kegiatan yang menunjang aktivitas saya sebagai guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Sebenarnya saya mengenal P4TK Matematika, sejak masih bernama P3G Matematika Yogyakarta, akan tetapi saat itu saya mengenalnya hanya sebatas memanfaatkan file-file yang disediakan P4TK, tidak terbersit dapat bergabung dalam berbagai kegiatan di P4TK. Perkenalan itu berlangsung kira-kira sebelum tahun 2008-an.

Seiring dengan berjalannnya waktu, persepsi saya tentang P4TK mengalami pergeseran. Beberapa teman saya bergabung dalam kegiatan yang dilakasanakan P4TK diantaranya berupa Dilat Mobile Learning, dan diklat yang diadakan oleh Qitep Matematika yang bertempat di P4TK. Melalui obralan dengan teman inilah, saya mulaiterik dan menyadari perlunya untuk dapat terlibat dalam kegiatan-kegiatan inspiratif yang ada di P4TK. Sejak itulah saya mulai mengintip kegiatan-kegiatan yang ditawarkan P4TK.

Suatu ketika saya dihubungi oleh teman-teman MGMP yang menawarkan kegiatan diklat di P4TK Matematika Yogyakarta. Beberapa nama anggota MGMP pun diusulkan melalui Disdik Kabupaten, dan pada akhirnya hanya salah satu teman saya yang dapat terpanggil dalam Diklat Pengembang Matematika SMA. Akan tetapi, tak lama setelah itu P4TK membuka penawaran diklatTendik ICT II yang secara terbuka ditujukan bagi guru-guru di seluruh wilayah Indonesia. Ini adalah kesempatan emas bagiku. Saya pun bergegas memnuhi penawwaran itu, dan ternyata saya dapat terpanggil dalam kegiatan tersebut yang berlangsung pada bulan November tahun 2012. Suatu kegiatan inspiratif bersama dengan teman-teman yang juga inspiratif . Saya merasa menemukan tempat sebagai wahana untuk mengembangkan kompetensi guru, selain melalui pendidikan formal.

Setelah mengikuti kegitan Diklat Tendik ICT II, saya terus mengintai dan mengupdate informasi yang ada di P4TK. Beberapa kegiatan lain yang dapat saya ikuti adalah Bimtek Online Geogebra Angkatan 3, Workshop PTK, Seminar Nasional Kurikulum 2013, Diklat OnLine (DOL) 15, dan yang sekarang sedang berjalan adalah DOL 45. Kegiatan-kegitan tersebut sangat inspiratif dalam menunjang keompetensi guru. Terima kasih P4TK Matematika Yogyakarta.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun