Mohon tunggu...
Nursini Rais
Nursini Rais Mohon Tunggu... Administrasi - Lahir di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tahun 1954.

Nenek 5 cucu, senang dipanggil Nenek. Menulis di usia senja sambil menunggu ajal menjemput.

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

"Perak-perak" Kidung Lawas Nak Rantau nan Tak Pernah Usang

30 Agustus 2019   06:44 Diperbarui: 30 Agustus 2019   13:52 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi :pituluik.com

Saya lahir dengan gendre perantau. Hal ini bukan tanpa alasan. Lingkungan telah membesarkan saya dalam kondisi begitu.

Zaman saya kecil, pergi merantau  merupakan trendi  bagi pemuda kampung yang  berpendidikan. Apabila lulus sekolah, jangan harap mereka tetap di kampung. Meskipun yang bersangkutan hanya lulusan Sekolah Rakyat. Dasar anak Minang. Seseorang belum dikatakan hebat sebelum dia merantau.

Negeri tujuannya tidak jauh-jauh. Paling-paling  ke kota Padang dan bekerja sebagai anak buah  kapal. Ceritanya, mereka berlayar ke Pulau Pagai, Mentawai, Sibolga, ada juga ke Pulau Jawa dan pulau lainnya.

Sementara anak gadis, sangat tabu meninggalkan kampung. Kecuali ikut orangtua, saudara,  atau suami.  Tradisi ini ditaati oleh semua anak cewek tanpa kecuali.

Namun, bawaan petualang saya tak pernah padam. Justru semakin membara ketika menyaksikan anak rantau pulang sekali-sekali.  Gayanya minta ampun. Kulitnya bersih, pakaiannya rapi. Saya berpikir, hidup di rantau itu enak.

Selain anak laki-laki, ada pula keluarga saya yang tinggal di Riau. Dia ikut suaminya yang bekerja di PT Caltex. Sebuah perusahaan asing yang mengelola pertambangan.

Ketika dia sekeluarga pulang kampung, Emaak ...! Mata saya terbelalak melihat gaya hidupnya bergelimang uang dan kemewahan.

Sedangkan saya, semasa itu tinggal bersama Emak yang hanya seorang single parrent. Tapi untuk urusan sandang dan pangan, bagi kami berdua sudah lumayan. Sebab dari muda Emak  berprofesi sebagai pedagang kere.

Perantau dari Riau inilah yang melambungkan ambisi saya. Apabila sudah besar kelak saya bercita-cita keluar dari kampung halaman. Cita-cita hanya satu. Ingin jadi orang kaya.

Mulai usia menginjak dewasa, saya berharap dapat jodoh seorang perantau. Atau setidaknya lanang kampung yang bekerja dan berdomisili di luar daerah.

Mimpi ini sangat mempengaruhi kejiwaan saya. Apabila mendengarkan lagu Minang yang bertema merantau, hati saya tersentuh. Seakan kehidupan saya yang dikisahkan dalam lagu tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun