Mohon tunggu...
Humaniora

Etnografi Bagian dari Antropologi

9 April 2016   22:11 Diperbarui: 9 April 2016   22:33 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Etnografi 

Apa itu etnografi??
Assalamualaikum Wr.Wb.

Hai... hai... yah saya akan menulis artikel lagi mengenai hasil yang didapat didalam buku mengenai Antropologi mengenai etnografi yah seharusnya sih mengenai hasil yang di presentasikan oleh kelompok 2 tapi dikarenakan saya selasa kemarin tidak masuk yah terpaksa ambil pemahaman yang ada dibuku saja karna ini tugas kampus dan sudah menjadi kewajiban saya untuk mengerjakannya.

Yah ini lah yang dapat saya pahami mengenai etnografi.langsung saja saya bagikan sedikit pemahaman saya mengenai etnografi.
Etnografi adalah sebuah karangan atau suatu dekskripsi mengenai kebudayaan suatu suku bangsa. Tapi karena didunia ini terdapat beragam atau malah ribuan suku-suku bangsa kecil yang berisikan ratusan penduduk, namun ada juga yang terdiri dari puluhan juta penduduk. Untuk itu para ahli antropologi yang mengarang etnografi tidak dapat mencakup seluruh bangsa dalam deskripsinya. Yang secara universal dapat diartikan sebagai suatu kebudayaan yang telah menjadi kebiasaan dalam masyarakat. Etnografi juga memiliki beberapa unsur-unsur (kerangka) etnografi, yaitu:

1. Bahasa : menjelaskan tentang bagimana masyarakat dalam suku bangsa saling berinteraksi.
2. Sistem Teknologi : bagaimana penemuan masyarakat untuk mempermudah pekerjaannya.
3. Sistem mata pencaharian : bagaimana caramasyarakat dalam berburu dan becocok tanam, berdagang dan beternak.
4. Organisasi Sosial : bagaimana sistem dat istiadat yang berlaku dan menjalin silahturahmi dalam suatu suku.
5. Sistem Pengetahuan : bagaimana cara msyarakat dalam mengenal lingkungannya (alam), zat-zat bahan mentah, tubuh manusia, sifat dan tingkah laku, dan runag waktu.
6. Kesenian : bagaimana masyarakat dalam membuatsebuah seni (seni rupa dan seni suara).
7. Sistem Religi : bagaimana suatu masyarakat memiliki keyakinan dan upacara-upacara keagamaan.

Unsur-unsur diatas bersifat unifersal maka dari itu para ahli antropologi dapat memakai suatu sistem dengan selera dan perhatian mereka masing-masing. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya para ahli antropologi ini menjelaskan unsur-unsur etnografi ini memakai sistem unsur yang paling konkret menjadi unsur yang paling abstrak.

Jadi kesimpulan yang bisa saya ambil mengenai etnogarafi adalah suatu kebudayaan yang dimana menjadi kebiasaan pada suatau masyarakat atau suku bangsa yang kemudian di deskripsikan oleh para ahhli melalui unsur-unsur (kerangka) etnografi tersebut. Mungkin hanya ini yang bisa saya ambil kesimpulan mengenai etnografi itu sendiri walaupun saya tidak menjelaskan secra detail tentang etnografi tersebut itu dikarenakan saya ingin anda mencari tahu bagaimana sebenarnya etnografi itu?? Mungkin hanya itu dari saya apa bila terdapat kesalahan mohon dimaafkan.


Assalamulaikum Wr. Wb.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun