Mohon tunggu...
nursaidr
nursaidr Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Fulltime blogger di www.nursaidr.com.

blogger di www.nursaidr.com. Danone Blogger Academy 2 Socmed IG/Tw: @nursaidr_

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Click Kompasiana, Mengajak Kompasianer Melihat Langsung yang Ramai Diperbincangkan

10 Agustus 2019   18:26 Diperbarui: 10 Agustus 2019   18:25 51 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Perdebatan di kalangan netijen ataupun masyarakat mengenai pro dan kontra reklamasi pulau di teluk Jakarta terus mencuat. Beragam argumen pun saling bersitegang mencoba saling membela mana yang paling benar.

Saya sedniri termasuk orang yang tidak mengikuti banget perbincangan ini, menyoal reklamasi pulau di teluk Jakarta. Ya, hal ini karena masuk ranahnya politik. Membuat perdebatan sana dan sini menjadi panas dan malas untuk saya dengar.

Bukan menyoal soal kepentingan lingkungan, ekonomi dan sosial. Tapi, saling adu argumen untuk membela salah satu jagoan yang diidukung. Begitu pandangan saya ketika melihat perdebatan panjang rekalamasi ini.

Jakarta (2-3/8), saya berkesempatan mengikuti kegiatan komunitas Click Kompasiana di bilangan Graha Wisata, TMII. Tentu, tujuan utama dari acara ini adalah guna meningkatkan kualitas menulis teman-teman Kompasianers yang mendaftar. Mengingat acara ini benar-benar padat dalam memberikan 3 materi sekaligus dalam satu hari.

Kegiatan ini menjadi kali pertama saya mengikutinya. Awal tertarik ikut sih, karena tertarik untuk menyimak 2 materi awal soal menulis fiksi bersama Fanny Jonathan Poyk dan Literasi Digital bersama Mas Iskandar Zulkarnaen atau sering disapa Mas Isjet. Oh ya, ada materi ketiga juga yang membahas soal Menulis bidang Ekonomi bersama Mas Isson Khaerul.

Dan benar saja, semua materi yang disampaikan berlangsung dengan lancar dan ramai dengan tanya jawab.

Dok: Pak Nur Terbit
Dok: Pak Nur Terbit
Ada hal bodoh yang tidak saya pikirkan dari acara ini. Yakni, jalan-jalan ke Pulau Maju. Pikir saya, saat membaca ini. Namanya Pulau Maju ini, pulau buatan yang ada dalam wisata TMII.

Tuhan... ternyata ini adalah kunjungan ke lokasi yang sedang ramai diperbincangkan, yakni reklamasi pulau di teluk Jakarta. Dan Pulau Maju menjadi salah satu dari tiga belas pulau yang menjadi kawasan reklamasi kunjungan kami.

whatsapp-image-2019-08-10-at-18-13-18-5d4ea7c1097f365d7147ac83.jpeg
whatsapp-image-2019-08-10-at-18-13-18-5d4ea7c1097f365d7147ac83.jpeg
Pada (3/8) setelah selesai acara diskusi santai di Graha Wisata TMII. Kami semua pergi menuju Pulau Maju dan tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 wib.

Pertama kali yang saya lihat, tempat ini tidak nampak seperti pulau yang bicarakan. Melainkan nampak bak kota mati yang tidak berpenghuni, sepi. Satu-satunya kehidupan yang nampak di Pulau Maju ini adalah lalu lalang orang yang sedang berolahraga.

Oh ya, kunjungan ke Pulau Maju ternyata jadi agenda yang asik buat saya. Saya jadi bisa banyak bertanya mendapatkan beberapa penjelasan soal reklamasi teluk Jakarta ini dan melihatnya langsung. Ya, melihat langsung Pulau Maju reklamasi yang sudah dan masih menjadi kota mati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan