Mohon tunggu...
Nurrahman Fadholi
Nurrahman Fadholi Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa, pengajar, penulis

Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Terbuka Yogyakarta dan pengajar Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Film

Bernostalgia dengan "Lorong Waktu"

9 Desember 2021   09:00 Diperbarui: 9 Desember 2021   09:13 131 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salah satu adegan sinetron Lorong Waktu. (sumber: CNN Indonesia)

Pada tanggal 9 Desember 1999, merupakan hari bersejarah bagi dunia persinetronan Indonesia. Sinetron yang bertemakan religi, Lorong Waktu untuk pertama kalinya ditayangkan di stasiun televisi, SCTV bertepatan dengan bulan Ramadhan 1420 H. Sinetron yang diproduksi oleh PT. Demi Gisela Citra Sinema ini pada awalnya dibintangi oleh Deddy Mizwar sebagai Haji Husin, Jourast Jordy sebagai Zidan, dan Adjie Pangestu sebagai Ustadz Addin.

Sinetron ini menceritakan tentang petualangan Haji Husin dan seorang santri ciliknya yang bernama Zidan dalam menjelajahi lorong waktu dengan dibantu oleh Ustadz Addin, seorang ahli komputer yang juga merupakan guru bagi Zidan dan kawan-kawannya. Sinetron ini menjadi sinetron yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak yang lahir pada tahun 1990-an saat menjelang berbuka puasa karena sinetron ini ditayangkan pada pukul 16.30 WIB. Sinetron ini mendapat sambutan yang baik dari pemirsa televisi sehingga dapat ditayangkan di televisi dalam kurun waktu tujuh tahun (6 musim).

Memasuki tahun 2000, sinetron ini berlanjut dengan judul Lorong Waktu 2. Dalam Lorong Waktu 2 ini, terdapat penambahan karakter seperti Havid, seorang mantan pencuri yang akhirnya menjadi murid Haji Husin dan Sabrina, seorang mantan paranormal yang ditolong oleh Haji Husin dan Zidan di lorong waktu. Karakter Havid diperankan oleh komedian Opie Kumis sedangkan karakter Sabrina diperankan oleh Christy Jusung. Dalam sinetron ini, pemeran karakter Ustadz Addin yang semula diperankan oleh Adjie Pangestu, diperankan oleh Dicky Chandra. Hanya karakter Haji Husin dan Zidan yang masih diperankan oleh pemeran yang sama.

Sinetron ini kemudian berlanjut lagi pada tahun 2002, dengan judul Lorong Waktu 3. Dalam sinetron ini, lagi-lagi terdapat pergantian pemain untuk karakter Ustadz Addin. Jika pada Lorong Waktu 2 karakter Ustadz Addin diperankan oleh Dicky Chandra, pada Lorong Waktu 3 ini, karakter Ustadz Addin diperankan oleh Hefri Olifian. Hefri Olifian memerankan karakter tersebut hingga musim keenam sinetron yang diproduseri oleh Deddy Mizwar ini. Pada musim ketiga ini juga terdapat penambahan karakter yaitu Jambrong, mantan preman yang juga menjadi murid Haji Husin seperti Havid. Karakter Jambrong diperankan oleh Ramdhani Qubil AJ. Dalam Lorong Waktu 3 ini, Ustadz Addin telah resmi menjadi suami dari Sabrina.

Pada bulan Ramadhan tahun 2003, Deddy Mizwar kembali melanjutkan sinetron ini dengan judul Lorong Waktu 4. Dalam sinetron ini, tidak ada pergantian pemeran seperti pada tiga musim sebelumnya. Karakter dalam sinetron ini diperankan oleh pemeran yang sama dalam Lorong Waktu 3. Seperti musim sebelumnya, penambahan karakter terjadi pada musim ini yaitu hadirnya Jagur, seorang mantan narapidana yang berguru pada Haji Husin. Karakter Jagur diperankan oleh Asrul Dahlan, yang sebelumnya hanya menjadi karakter pendukung di setiap episode-episode Lorong Waktu.

Pada musim kelima, untuk terakhir kalinya Lorong Waktu ditayangkan pada bulan Ramadhan. Sinetron ini ditayangkan pada 15 Oktober 2004, bertepatan dengan 1 Ramadhan 1425 H. Pada musim ini, terdapat pergantian pemeran untuk karakter Sabrina. Karakter Sabrina yang pada musim sebelumnya diperankan oleh Christy Jusung, pada musim ini diperankan oleh Aditya Novika. Dalam season ini, mulai diperkenalkan karakter Firdaus yang merupakan anak hasil pernikahan Ustadz Addin dengan Sabrina. Namun karakter Firdaus ini diceritakan masih bayi.

Pada musim keenam atau terakhir, sinetron Lorong Waktu tidak ditayangkan pada saat bulan Ramadhan. Sinetron Lorong Waktu 6 ditayangkan pada tanggal 9 April 2006 dan berakhir pada 8 Juli 2006. Dalam musim ini, karakter Zidan telah memasuki usia remaja sehingga posisi Zidan yang merupakan karakter anak-anak digantikan oleh karakter Firdaus. Karakter Firdaus diperankan oleh aktor cilik Emir Alviandri Akram. Karakter Sabrina yang pada musim sebelumnya diperankan oleh Aditya Novika, pada musim ini diperankan oleh Zaskia Adya Mecca.

Pada musim ini, keluarga Zidan sudah tidak diceritakan lagi dalam salah satu episode-nya seperti pada lima musim sebelumnya karena digantikan oleh suasana keluarganya Ustadz Addin yang telah memiliki anak laki-laki yang sifatnya kurang lebih seperti Zidan waktu masih anak-anak namun kadang suka bertengkar. Penamabahan karakter juga terjadi pada season ini dengan hadirnya Aini (diperankan oleh Cheche Kirani), seorang klien bisnis perkebunan masjid yang sangat menyukai Haji Husin, dan Kong Icung (diperankan oleh Jarwo Kwat), kakak Haji Husin yang bekerja sebagai marbot masjid setelah pergi dari rumah karena sedang bermasalah dengan istrinya.

Sinetron Lorong Waktu memang saat ini sudah tidak ditayangkan lagi di televisi. Namun keseruan sinetron ini menjadi kenangan tersendiri bagi anak-anak yang lahir pada tahun 1990-an.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan