Mohon tunggu...
nur novita
nur novita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Halo

Mahasiswa Universitas Diponegoro 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perangi Covid-19 Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Mengenai Pencegahan Penularan Covid-19

28 November 2021   00:25 Diperbarui: 28 November 2021   00:27 27 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perangi Covid-19 Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Mengenai Pencegahan Penularan Covid-19 di Kabupaten Cilacap

Pandemi Covid-19 di Indonesia sampai saat ini belum berakhir. Dengan hal tersebut protokol kesehatan mengenai pencegahan penularan covid-19 masih sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Pemerintah masih menerapkan protokol kesehatan dan PPKM untuk mencegah penambahan yang terkena covid-19.  Tetapi nyatanya di Indonesia banyak masyarakat yang sudah mulai melalaikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Banyak dijumpai orang yang sudah tidak menggunakan masker ketika berpergian keluar rumah. Hal ini sangat memungkinkan covid-19 akan terus berkembang di negeri ini.

Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu mahasiswa KKN Tematik Undip X Unicef membuat program pemberian edukasi singkat kepada pengunjung wisata Teluk Penyu yang tidak memakai masker. Program ini bernama "Kemas Ulang Informasi dan Pemberian Edukasi Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Di Tempat Wisata Teluk Penyu Cilacap". Untuk itu masyarakat yang sedang berlibur di Teluk Penyu Cilacap yang tidak taat dengan protokol kesehatan akan diberikan edukasi singkat mengenai cara pencegahan dan penularan Covid-19. Kemudian informasi mengenai 3M akan dikemas ulang kedalam bentuk media cetak yaitu "Poster". Poster itu juga akan diserahkan ke pihak yang bertugas di Teluk Penyu Cilacap.

Perangi Covid-19 Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Mengenai Pencegahan Penularan Covid-19 di Kabupaten Cilacap
Perangi Covid-19 Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Mengenai Pencegahan Penularan Covid-19 di Kabupaten Cilacap

Pada hari Jumat, 18 November 2021 telah dilaksanakannya program mengenai pencegahan penularan covid-19. Kegiatan tersebut dilakukan pada sore hari sekitar pukul 3 sore sampai dengan pukul 5 sore di tempat wisata Teluk Penyu Cilacap. Edukasi singkat mengenai pencegahan penularan covid dengan mentaati protokol kesahatan diberikan kepada beberapa pengunjung yang tidak mentaati protokol kesehatan di tempat wisata tersebut. Setelah diberikan edukasi secara singkat mengenai pentingnya mentaati protokol kesahatan untuk mencegah penularan covid-19, mereka akhirnya sadar akan pentingnya memakai masker dan selalu cuci tangan serta menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Setelah pemberian edukasi singkat mengenai pencegahan penularan covid-19, mahasiswa KKN tersebut menyerahkan hasil luaran kepada pihak yang menjaga tempat wisata tersebut, sekaligus mengajak beliau untuk ikut serta dalam mendukung pencegahan penularan covid-19 dengan cara selalu mentaati protokol kesehatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan