LK 3.1 Menyusun Best Practices
ditulis oleh Nurmimi, S.S
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
latar belakang masalah dari praktek pembelajaran ini adalah:
- Siswa jenuh belajar dan merasa bosan dengan teknik mengajar guru
- Siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru
- Siswa sulit memahami materi yang disampaikan guru
- Siswa merasa malas belajar bahasa inggris
Praktek Pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena:
- Agar semua sahabat guru yang mempunyai permasalahan yang sama dengan penulis dapat gambaran bagaimana cara mengatasi permasalah yang sama dengan penulis
- Menjadi sebuah penelitian bagi penulis untuk memecahkan permasalahan siswa dalam belajar Bahasa Inggris
- Dengan adanya praktik ini bisa menjadi trik agar siswa senang belajar Bahasa Inggris. Siswa tidak lagi beranggapan Bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit serta membosankan.
Sebagai guru saya mempunyai peran dan tanggung jawab untuk membangkitkan minat belajar siswa dengan merancang pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan  dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan nilai bahasa inggris siswa meningkat.
latar belakang masalah dari praktek pembelajaran ini adalah:
- Siswa jenuh belajar dan merasa bosan dengan teknik mengajar guru
- Siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru
- Siswa sulit memahami materi yang disampaikan guru
- Siswa merasa malas belajar bahasa inggris
Praktek Pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena:
- Agar semua sahabat guru yang mempunyai permasalahan yang sama dengan penulis dapat gambaran bagaimana cara mengatasi permasalah yang sama dengan penulis
- Menjadi sebuah penelitian bagi penulis untuk memecahkan permasalahan siswa dalam belajar Bahasa Inggris
- Dengan adanya praktik ini bisa menjadi trik agar siswa senang belajar Bahasa Inggris. Siswa tidak lagi beranggapan Bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit serta membosankan.
Sebagai guru saya mempunyai peran dan tanggung jawab untuk membangkitkan minat belajar siswa dengan merancang pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan  dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan nilai bahasa inggris siswa meningkat.Â
Berdasarkan hasil kajian literatur dan hasil wawancara penyeb rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk ucapan selamat (Greeting Card) antara lain:
- Guru kurang memahami model-model Pembelajaran Inovatif
- Guru belum begitu mahir dalam penggunaan teknologi
- Guru disibukkan dengan admistrasi dan beban kerja yang padat membuat guru kesulitan me manage waktu untuk meng up-date ilmu dan mempelajari serta menerapkan Pembelajaran Inovatif
- Kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung terlaksananya pembelajaran Inovatif