Mohon tunggu...
Nurlayla Mastura
Nurlayla Mastura Mohon Tunggu... Mahasiswa Bimbingan Penyluhan Islam

pemula yang masih harus banyak belajar.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Era New Normal

14 Agustus 2020   18:34 Diperbarui: 14 Agustus 2020   18:48 197 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Era New Normal
istockphoto.com

Pandemi covid-19 tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik saja namun kesehatan pada mental juga. Semenjak pandemi covid-19 keseharian kita berubah. Dan dampak yang dirasakan semenjak adanya pandemi covid-19 bukan hanya dari perubahan gaya hidup namun juga berdampak pada ekonomi.

Sejak virus covid-19 masuk ke Indonesia. Pemerintah telah melakukan banyak hal untuk mencegah penyebaran virus covid-19 salah satunya adalah Pemerintah sempat memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga new normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang semakin meluas di Indonesia.

Adanya keputusan pemerintah indonesia dalam menerapkan new normal di berbagai kota besar termasuk Jakarta untuk menghidupkan ekonomi yang sempat terpuruk. Semenjak diberlakukannya new normal membuat sebagian masayarakat merasa lega. Namun pemerintah tetap mengharuskan penerapan protokol kesehatan seperti: menjaga kebersihan, memakai masker, rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Wakil Presiden ma'ruf amin mengatakan, tantangan yang dihadapi pemerintah dan masyarakat saat penerapan tatanan baru atau new normal dinilai lebih berat dibandingkan masa pembatsan sosial berskala besar (PSBB). Sebagian masyarakat menghentikan kegiatan saat PSBB berlaku dalam upaya memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Wakil Presiden mengatakan, ketika masa transisi dari PSBB menuju normal baru, sejumlah warga harus memulai kembali kegiatannya untuk bekerja. Dan Wakil Presiden meminta masyarakat lebih disiplin dan taat terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penularan cirus covid-19.

Beradaptasi dengan new normal menjadi skenario yang dipilih banyak Negara dalam mempercepat penanganan covid-19, sekaligus memulihkan aktivitas sosial hingga ekonomi masyarakat. Virus covid-19 yang sudah melanda dunia sejak 2019 memaksa banyak orang untuk beraktivitas dengan cara baru.

Namun, menjalani kenormalan baru menjadi tantangan bagi banyak orang. Karena, banyak kebiasaan baru yang harus dilakukan demi mencegah penularan virus covid-19. Menghadapi era new normal tentu harus di barengi dengan kesehatan mental jadi bukan hanya kesehatan fisik saja, agar kamu bisa beradaptasi dengan baik. Kamu juga harus tau bahwa menjaga kesehatan mental di era new normal adalah hal yang penting. Karena, menghadapi new normal tentunya tidak mudah bagi sebagian orang.

Kesehatan mental merupakan kemamapuan diri dalam mengelola perasaan serta menghadapi segala kesulitan yang dihadapi setiap harinya. Kita bisa melakukan beberapa perubahan diri untuk meningkatkan kesehatan mental. Perubahan ini tentu mempengaruhi seluruh aspek kehidupan yang ada.

Pasalnya, banyak tantangan yang akan di hadapi selama new normal seperti beradaptasi dalam penerapan new normal. Jika, kesehatan mental terganggu dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, cemas, takut, sulit berkonsentrasi hingga gangguan psikologis lainnya.

Ada beberapa cara agar kesehatan mental selalu terjaga dengan baik. Berikut ini beberpa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental:

  • BIJAK DALAM MEMILIH INFORMASI : Teknologi yang semakin canggih, membuat sangat mudah memperoleh informasi. Namun perlu diingat bahwa kamu harus selalu kritis dan bijak dalam menerima informasi. Dapatkan informasi mengenai pandemic dari sumber yang terpercaya.
  • BERPIKIR DAN MENYATAKAN HAL YANG POSITIF : Berpikir secara positif dapat mengatasi stres hingga meningkatkan daya tahan tubuh.
  • MELAKUKAN KEGEMARANMU ¬†: Kamu tetap bisa menyalurkan hobimu walau sedang dirumah aja, seperti kamu bisa memasak, menjahit, menggambar, membuat dan mengedit video.
  • MENJAGA KOMUNIKASI DENGAN ¬†KELUARGA ATAU SAHABAT : Kamu tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman dan rekan kerja melalui messenger, telepon, atau viedo call. Agar kamu bisa menceritakan apa yang sedang kamu alami seperti kamu sedang merasa cemas. Dengan ini tekanan yang kamu rasakan dapat berkurang dan membuatmu lebih tenang.
  • BEROLAHRAGA ATAU MELAKUKAN MEDITASI : Melakukan olahraga dapat menjaga kesehatan, kebugaran dan daya tahan tubuh. Berolahraga juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang berfungsi untuk mengurangi stres dan bisa memperbaiki mood.
  • FOKUS PADA SATU HAL : Belajar untuk bisa fokus terhadap satu hal yang penting dalam hidup, melepaskan emosi negatif yang berasal dari pengalaman masa lalu yang terbebani
  • BERMAIN DAN TERTAWA : Hal ini bisa dilakukan bersama keluarga, sahabat atau teman untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi kita. Dan manfaat tertawa ialah meringankan rasa sakit, membawa kebahagiaan, bahkan meningkatkan kekebalan tubuh.

Menjaga kesehatan mental juga menjadi bagian dari menjaga kesehatan diri secara keseluruhan. Anda bisa melakukan hal yang menurut anda bisa membuat anda bahagia dengan cara anda. Agar anda bisa lebih menikmati hidup dan terhindar dari hal-hal yang buruk atau tidak diinginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x