Mohon tunggu...
nur karantina
nur karantina Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hallo selamat datang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasar Monopolistik dan Oligopoli Pengertian, Ciri-ciri, Karakteristik Serta Contohnya

2 Desember 2022   15:25 Diperbarui: 2 Desember 2022   15:32 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

OLEH :

NURKARANTINA 

UNIVERSITAS PALANGKA RAYA 

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Pasar persaingan monopolistik dan oligopoli

Pasar merupakan tempat proses jual beli,juga tempat penawaran antara penjual dan pembeli ,dalam
kehidupan sehari hari kita tidak lepas dari kebutuhan yang terdapat di pasar kali ini akan di bahas
tentang pasar persaingan sempurna monopolistik dan oligopoli.

Pengertian pasar monopolistik
Pasar monopolistik merupakan pasar bisa di katakan sebagai wadah para produsen untung
menghasilkan barang yang serupa atau sama tetapi terdapat perbedaan dari sebagian aspek,pada
pasar Monopolistik Terdapat  Terdapat Banyak Perusahaan / Produsen Di Mana Tindakan Satu
Produsen Akan Mempengaruhi Produsen Yang Lain. Tetapi Juga Terdapat Unsur Monopoli Di Mana
Perusahaan Memproduksi Barang Yang Homogen Tapi Masing-Masing Mempunyai Perbedaan Yang
Signifikan Sehingga Konsumen bisa memilih pilihan sesuai kebutuhan.
Di dalam pasar monopolistik produsen harus mempunyai kemampuan untuk mempengeruhi harga
produk meskipun tidak besar seperti pasar monopoli atau oligopoli,harga yang sesuai dengan
kualitas barang yang di hasilkan sehingga konsumen akan terus membeli barang tersebut tanpa
berpindah ke produk lain meskipun harga produk akan di akan terjadi kenaikan harga misalnya
tetapi masing-masing memiliki ciri khusussendiri. Sebut saja sepeda motor Honda, di mana
ciri khususnya adalah irit bahan bakar.Sedangkan Yamaha memiliki keunggulan pada mesin
yang stabil dan jarang rusak. Akibatnyatiap-tiap merek mempunyai pelanggan setia masingmasing.
Di dalam pasar monopolistik kita harus bisa menanamkan citra yang baik di dalam masyarakat sehingga harga bukan
menjadi suatu halangan untuk membeli produk yang di jual.

Karakteristik Pasar Monopolistik
Kelebihan Pasar monopolistik memilikikarakteristik sebagai berikut:

1.produsen akan memberikan lebih banyak keuntungan sehingga konsumen dapat membeli produk sesuai barang yang di inginkan.

2.untuk terus berinovasi produsen diberikan ijin keluar dan masuk.

3.Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produkyang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun