Mohon tunggu...
Nur Hamidah
Nur Hamidah Mohon Tunggu... -

Guru matematika SMK Negeri 2 Temanggung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kurikulum 2013

8 September 2013   12:44 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:11 2027
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mulai tahun ajaran 2013/2014 telah dilaksanakan kurikulum 2013 dengan beberapa sekolah di masing-masing kabupaten sebagai piloting. Untuk SMP dan SMA kurikulum 2013 diberlakukan untuk kelas VII dan X, sedangkan untuk SD diberlakukan untuk kelas I dan IV. Apa sebenarnya perbedaan kurikulum 2013 dengan KTSP? Atau dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya? Pertanyaan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.Standar kompetensi Lulusan kurikulum 2013 meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik

Dalam kurikulum 2013 diharapkan ada keseimbangan antara ketiga ranah yaitu koginitif, afektif dan psikomotorik, tidak hanya mengutamakan salah satu ranah.

2.Pembelajaran dilaksnakann dengan menggunakan pendekatan scientific(ilmiah) yaitu dengan prose mengamati, menanya, menalar, mencoba dan membuat jejaring

3.Kurikulum 2013 menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), discovery dan cooperatif learning

·Pembelajaran berbasis proyek

Pembelajaran Berbasis Proyek(Project Based Learning=PjBL)adalah metoda pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

·Pembelajaran berbasis masalah

Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Dalam kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah, peserta didik bekerja dalam tim untuk memecahkan masalah dunia nyata (real world). Langkah-langkah pembelajaran adalah sebagai berikut:

·Discovery

Metode Discovery Learningadalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri.

Langkah-langkah dalam mengaplikasikan model discovery learning di kelas adalah sebagai berikut:

·Langkah Persiapan Metode Discovery Learning

·Prosedur Aplikasi Metode Discovery Learning

·Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)

·Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

·Data collection (pengumpulan data).

·Data processing (pengolahan data)

·Verification (pembuktian)

·Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

·Cooperatif learning

Cooperatif learning adalah metode pembelajaran dengan mengelompokkan siswa dalam kelompok-kelompok kecil terdiri dari 4 – 5 siswa. Terdapat beberapa jenis cooperatif learning seperti GI, TAI, Jigsaw, Make a Match, dan lain-lain. Siswa belajar dalam kelompok masing-masing untuk memeproleh suatu pemahaman.

4. Kurikulum 2013 menggunakan sistem penilaian autentik

Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Kata lain dari asesmen autentik adalah penilaian kinerja, portofolio, dan penilaian proyek.Asesmen autentik adakalanya disebutpenilaian responsif, suatu metode yang sangat populer untuk menilai proses dan hasil belajar peserta didik yang miliki ciri-ciri khusus, mulai dari mereka yang mengalami kelainan tertentu, memiliki bakat dan minat khusus, hingga yang jenius. Asesmen autentik dapat juga diterapkan dalam bidang ilmu tertentu seperti seni atau ilmu pengetahuan pada umumnya, dengan orientasi utamanya pada proses atau hasil pembelajaran.

Beberapa jenis asesmen autentik disajikan berikut ini.

·Penilaian Kinerja

·Penilaian Proyek

·Penilaian Portofolio

·Penilaian Tertulis

5.Dari pemerintah sudah disediakan buku guru dan buku siswa untuk kurikulum 2013 meskipun sekarang baru ada tiga mata pelajaran yaitu matematika, bahasa Indonesia dan sejarah

6.Silabus kurikulum 2013 sudah disediakan sehingga guru tinggal mengembangkan RPP masing-masing

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun