Mohon tunggu...
Kuliner Pilihan

Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu yang Populer di Kalimantan

20 Mei 2018   15:58 Diperbarui: 21 Mei 2018   13:20 873 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu yang Populer di Kalimantan
Kuliner. Sumber ilustrasi: SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com/Rembolle

Wilayah Kabupaten Kapuas Hulu sendiri dinamakan demikian karena di kabupaten inilah yang menjadi hulu Sungai Kapuas. Sungai Kapuas yang melewati Kota Putussibau telah memutus aliran Sungai Sibau yang membelah Kota Putussibau sehingga dikatakan Putussibau.

Didaerah kapuas hulu memiliki sejuta kekayaan flora dan juga fauna nya dimana para wisatawan sering datang untuk mengunjungi.  Kerupuk basah atau temet yang merupakan makanan khas kota putusibau kabupaten kapuas hulu.

Kerupuk basah, mungkin nama makanan ini sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat Kalimantan Barat, dimana kerupuk basah sudah menjadi makanan khas daerah kapuas hulu sehingga banyak orang yang datang ke kapuas hulu untuk pergi berwisata dan kemudian kerupuk basah ini yang akan menjadi oleh oleh tangan yang di bawa mereka untuk kembali ke daerah mereka.

Kerupuk basah yang bahan utama pembuatannya ialah daging ikan yang sudah di giling yang dimana kita tau daging ikan banyak mengandung gizi. Ikan yang di gunakannya seperti ikan tenggiri, toman, dan belida.

Rasa kenyal pada kerupuk basah pasti akan menggoyangkan lidah serta di padu dengan kuatnya aroma ikan saat memakannya. Juga di padu dengan bumbu kacang yang sedikit pedas . kerupuk basah akan lebih nikmat juga dinikmati saat panas.

Meski berasal dari kapuas hulu , kerupuk basah ini sudah sangat sering ditemui di daerah lain seperti sintang,  sekadau, sanggau termasuk kota besar yaitu pontianak

Harga yang di tawarkan juga cukup murah sekitar Rp 12.000- Rp15.000 per batang atau porsi tergantung dari ukuran dan juga besarnya

Penasaran dengan rasa nya? jangan lupa berkunjuang ke daerah yang di kenal sebagai jantung kalimantan

Mohon tunggu...
Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan