Mohon tunggu...
Nurfitria Resta Oktaviani
Nurfitria Resta Oktaviani Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswa Teknologi Pangan Fakultas Teknik Universitas Pasundan

Membahas seputar Teknologi pangan, topik topik politik, pendidikan, inspirasi, motivasi, bisnis, senang berbagi pengalaman dan bertukar pikiran. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca ❤

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pergi Haji Sedari Muda Itu Keren

31 Agustus 2020   22:34 Diperbarui: 31 Agustus 2020   22:26 337 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Setiap umat islam memiliki cita-cita paling utama adalah pergi ke tanah suci naik haji. Salah satunya untuk menunaikan rukun islam ke 5 dan sebagai salah satu penyempurna ibadah. Menunaikan ibadah haji tidak semudah melaksanakan umroh. Sangat membutuhkan persiapan yang matang, fisik, rohani jasmani yang harus kuat dan juga beserta dananya. Rata-rata biaya umroh mulai dari Rp. 20.000.000, sedangkan biaya haji reguler Rp. 31.000.000. 

Umumnya orang Indonesia berhaji ketika sudah memasuki usia lanjut, hal ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya, keterbatasan dana dan lamanya antrian haji yang cukup lama bisa mancapai 10 -20 tahun lamanya. Namun kita sebagai masyarakat milenial di era sekarang harus bisa menciptakan perubahan, terkhusus para pemuda-pemudi generasi emas. Salah satunya dengan merencanakan haji di saat muda. Mengapa demikian?.

Ibadah haji membutuhkan 90 % fisik yang kuat. Pada saat melaksanakan ibadah haji wajib melakukan wukuf (berhenti di Arafah) pada waktu siang hari sampai setelah magrib ataupun malam harinya sampai menjelang subuh. Dilanjutkan dengan Tawaf yaitu mengelilingi kabah sebanyak tujuh kali.

Dimulai dari arah hajar Aswad, orang berhaji mengelilingi kabah dengan berputar melawan arah jarum jam. Kemudian melakukan sai, adalah berjalan kaki dari bukit Shafa sebanyak tujuh kali hingga berakhir di bukit Marwah. Untuk melaksanakan ibadah haji secara maksimal maka dibutuhkan tubuh dan fisik yang kuat.

Maka dari itu fisik anak muda akan lebih mendukung untuk melaksanakan ibadah haji dengan maksimal karena memiliki kondisi fisik yang sehat dan tenaga yang kuat dibanding yang berusia tua. 

Ditambah dengan iklim di Arab Saudi yang begitu panas membuat harus mampu beradaptasi dengan cuaca jangan sampai mengalami dehidrasi dan jatuh sakit. 

Selain itu, berangkat haji di usia muda akan memudahkan untuk menunaikan ibadah haji karena, semakin kita cepat mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji, maka waktu keberangkatan akan semakin cepat.

Lantas bagaimana untuk merencanakan haji sedari muda?.

Sebenarnya berhaji di usia muda bukanlah hal yang mustahil, jika ada niat dan tekad yang kuat untuk menabung dan mempersiapkan dana sebanyak mungkin. 

Melakukan perencanaan terhadap keuangan, yaitu salah satunya berinvestasi dan menabung. Saat ini di jaman teknologi semakin canggih Danamon Syariah menghadirkan tabungan yang memfasilitasi anak muda untuk mewujudkan impiannya berhaji sedari muda melalui Tabungan Haji Danamon Syariah.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan