Mohon tunggu...
Nur Fadlia
Nur Fadlia Mohon Tunggu... Mahasiswi

Bismillah, berusaha untuk menjadi lebih baik dan menyebarkan kebaikan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

7 Tips Seru Belajar No Boring Selama Liburan

18 Januari 2021   05:32 Diperbarui: 18 Januari 2021   05:43 67 3 0 Mohon Tunggu...

Tidak dapat dimungkiri bahwa liburan merupakan momen yang paling dinanti-nanti oleh para Pelajar. Namun, sayangnya liburan kali ini hanya bisa dilakukan di rumah saja. Walhasil hal tersebut kerap membuat para pelajar merasa boring. Meskipun demikian, saat liburan di rumah tetap menjadi kewajiban sebagai seorang Pelajar untuk tidak meninggalkan " belajar ". 

     Lalu bagaimana kita dapat mengatasi hal tersebut? Sebab dengan merasa boring dan jenuh dapat menghambat kegiatan belajar. Sedangkan jika Pelajar tidak belajar pada umumnya akan mengalami pelemahan daya ingat dan kemampuan untuk memahami suatu hal. Maka untuk mengatasi hal tersebut simaklah 7 Tips Seru Belajar Selama di Rumah, berikut ini :

  1. Persiapkan Diri dan Lingkungan Sebelum Belajar

   Alangkah baiknya sebelum belajar tanamkan niat terlebih dahulu, sebab dengan begitu akan menambah semangat Anda untuk belajar. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi serta minum air mineral yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan lemas dan pusing. Bersihkan diri dan tempat Anda belajar dan usahakan Anda belajar di tempat yang terang dan tidak pengap. Terakhir, berdoalah sebelum dan sesudah belajar. 

  1. Buatlah Target Belajar

      Tidak mesti belajar berjam-jam, cukup 20-45 menit atau sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Lakukan secara santai dan cermat, agar belajar menjadi tidak mudah  bosan. 

  Jangan menunda-nunda untuk melakukan target karena hal ini akan menghambat Anda untuk belajar. Selain itu Anda juga dapat melakukan challenge untuk lebih semangat mencapai target, misal Anda dapat melakukan challenge satu minggu menghafal 700 kata dalam bahasa asing dsb. 

  1. Jauhkan Diri dari Faktor Pengganggu Fokus Belajar

  Pernahkah Anda di ingatkan oleh Ibu atau mendengar teman Anda mengakatan "Waktunya belajar, ya belajar, waktunya main ya bermain." Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi mendengar nya, karena kalimat ini, dapat memberikan asumsi kepada seseorang untuk melakukan pekerjaan sesuai pada waktunya. Ketika belajar lebih baik tidak dengan menyantap sarapan atau makan malam, tidak membaca buku dengan menonton film, tidak menggunakan gadget dan bermain media sosial ketika tidak diperlukan, dll. Maka sesuaikan diri dan waktu Anda untuk belajar,  makan, atau bermain. 

  1. Belajar Dengan Bertahap

  Supaya belajar tidak membosankan  sebaiknya Anda tidak memulai belajar dengan materi yang berat, lakukan dari yang paling dasar untuk menguatkan pemahaman Anda. Lalu, pelajari materi selanjutnya sedikit demi sedikit, fahami dengan cermat dan buatlah ringkasan atau tebali setiap kata penting yang Anda temukan dengan menggunakan pena sorot.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN