Mohon tunggu...
Nurdiansyah
Nurdiansyah Mohon Tunggu... Pekerja Sosial

Hanya orang biasa yang berusaha agar bisa bermanfaat bagi orang lain dalam kebaikan. SEO https://nurdianweb.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Mengais Ilmu di Tengah Wabah Corona

29 Maret 2020   18:37 Diperbarui: 29 Maret 2020   18:36 89 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengais Ilmu di Tengah Wabah Corona
Illustrasi (Sumber: learningeverest.com)

Menambah ilmu merupakan kegiatan yang harus kita lakukan kapanpun, dimanapun,  dan siapapun, termasuk ketika kita harus bekerja dari rumah atau belajar di rumah. Saat kita  diharuskan kan untuk melakukan kegiatan tersebut saat  merebaknya virus  Corona, hal ini merupakan kesempatan bagi kita untuk menambah ilmu  sebanyak-banyaknya. 

Untuk belajar saat ini sudah banyak media - media yang yang menyediakan materi untuk kita belajar dari mulai tutorial berbentuk teks, video maupun audio. Materi apapun  tersedia di internet dengan dibantu oleh mesin pencari Google, sebagai contoh ketika saya ingin mencari cara agar saya bisa mengetik melalui suara yang saya bicarakan maka saya tinggal mencarinya di Google dan akhirnya ketemu yaitu dengan cara menggunakan fasilitas di Google Docs.

Tidak hanya itu banyak ilmu yang bisa di dipelajari mulai dari yang mudah hingga sulit sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan anda mempelajari ilmu-ilmu seperti ini yang simple tapi sangat membantu anda dalam bekerja maka anda akan semakin mudah dalam menerapkan ilmu yang sudah anda pelajari, jadi pekerjaan anda bisa selesai dengan mudah karena anda mempunyai cara jitu mempermudah pekerjaan anda dan bisa jadi anda akan disegani karena mempunyai trik - trik jitu dalam menyelesaikan masalah dalam pekerjaan anda. 

Mungkin saat hari biasa ketika anda sedang bekerja di kantor maupun di lapangan anda tidak tempat untuk belajar tentang ilmu-ilmu tersebut, karena disibukan oleh pekerjaan yang harus diselesaikan tapi di kesempatan saat Anda harus bekerja dari rumah anda bisa mencari banyak ilmu yang sekiranya anda butuhkan dan diterapkan untuk meningkatkan pengetahuan Anda maupun ilmu yang bisa diterapkan untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Kemudahan untuk belajar pasti akan lebih nyata ketika anda menemukan komunitas terkait ilmu yang anda pelajari, misalnya saya suka dengan Wordpress maka saya akan bergabung dengan grup di media sosial baik itu di Facebook, Telegram maupun grup Whatsapp untuk bergabung dengan mereka dan berdiskusi tentang Wordpress. 

Maka dari itu sangat mudah sekarang untuk belajar sebuah ilmu berbeda dengan zaman dahulu yang hanya punya bahan materi saja sudah untung, namun kalau sekarang materi sudah ada, komunitas ada, kelas belajar dari yang gratis hingga berbayar sudah ada dan yang anda butuhkan hanya satu yaitu keseriusan dalam belajar menambah ilmu.

Seringkali keniatan itu hilang timbul ketika anda mempunyai kesulitan atau belum paham betul terkait dengan materi tertentu, maka dari itu bergabung dengan komunitas itu perlu agar anda menemukan orang yang lebih ahli dalam bidang tersebut, jika anda menemukan komunitasnya anda tinggal lontarkan saja pertanyaan yang anda tidak paham dan jika grup tersebut aktif pasti banyak orang yang merespon pertanyaan anda.

Ibarat sebuah botol kemasan akan tinggi harganya tergantung dari isinya, jika isinya air putih maka harganya akan murah dibanding botol yang diisi dengan madu, berkali - kali lipat lebih mahal lebih mahal padahal ukurannya sama, begitu juga dengan manusia akan mahal harganya orang yang mempunyai banyak ilmu daripada orang yang ilmunya sedikit. 

Maka dari itu disaat physical distancing ini berlangsung gunakan sebaik - baiknya untuk menambah ilmu yang bermanfaat dan disaat ini semua sudah selesai dan anda kembali bekerja maka akan ada banyak hal - hal baru yang bisa anda terapkan bahkan bisa merubah sistem di perusahaan / tempat anda bekerja sehingga ilmu tersebut bisa diterapkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x