Kesehatan

Demam Lewat Tanpa Obat Kimia

9 November 2018   20:08 Diperbarui: 9 November 2018   20:12 109 0 0
Demam Lewat Tanpa Obat Kimia
dokpri

Demam yang diderita seseorang membuat gelisah, tidak nyaman dan menggangu aktivitas sehari-hari. Terlebih jika demam ini terjadi pada anak-anak, sudah tentu membuat anak rewel, susah tidur bahkan sering menangis sehingga orang tua pun menjadi khawatir. Demam yang terjadi pada anak usia dibawah lima tahun dapat diatasi tanpa menggunakan obat-obatan yang berbahan kimia. Sedapat mungkin orang tua berusaha menurunkan demam anak dengan cara alami yang nyaris tidak ada efek sampingnya.

Salah satu alternatif obat ampuh penurun panas (demam) anak dari bahan alami yang bisa digunakan para orang tua adalah "Bawang Merah". Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang selalu ada di rumah, mudah didapat dan mudah pula penggunaannya. Beberapa alternatif cara penggunaan bawang merah untuk menurunkan demam pada anak antara lain :

  • Kupas beberapa siung bawang merah, parut lalu oleskan ke seluruh bagian tubuh anak yang demam (punggung, dada, perut, tangan dan kaki).
  • Kupas beberapa siung bawang merah, parut, campurkan minyak kayu putih atau minyak telon kemudian oleskan ke seluruh bagian tubuh.
  • Kupas beberapa siung bawang merah, parut atau potong-potong kecil, campurkan dengan jeruk nipis, minyak kayu putih dan sedikit garam kemudian oleskan ke seluruh bagian tubuh

Tiga cara diatas dapat dilakukan dengan mudah oleh para orang tua dan sangat ampuh untuk mengatasi demam pada anak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh kelompok Program Pendidikan Profesi NERS Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah, bawang merah ampuh untuk menurunkan demam pada anak karena kandungan yang ada didalamnya. Bawang merah mengadung minyak katsiri yang mampu melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan membuat organ-organ bekerja lebih maksimal sehingga dampaknya demam pun akan bisa teratasi. Penggunaan bawang merah ini disarankan tidah hanya satu kali, tetapi sesering mungkin secara proporsional agar demam benar-benar turun dan tidak kembali bermukim dalam tubuh.

Selamat mencoba untuk para orang tua yang menginginkan anaknya diobati dengan cara alami. Semoga bermanfaat dan salam sehat.