Mohon tunggu...
Icha Ibrahim
Icha Ibrahim Mohon Tunggu... Mahasiswi

don't look for me, I'm not here"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bagaimana Kita Dapat Mengenal Bakat dan Minat Yang Kita Miliki?

26 April 2021   23:39 Diperbarui: 27 April 2021   00:08 112 1 0 Mohon Tunggu...

Hai semuanya!

Pada artikel kali ini saya akan membahas materi terkait dengan bakat dan minat yang dimiliki seseorang.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan, mungkin dari teman-teman semua udah pada tau belum apa itu bakat dan minat? Atau udah pada tau bakat dan minat apa yang kalian miliki? Kalau mimin  sih belum tau yah apa bakat dan minat yang dimiliki mimin Okey, mungkin Sebagian dari teman-teman udah ada yang tau yah pengertian bakat dan minat itu apa dan mungkin juga ada yang belum mengetahui artinya.

Baik langsung saja kita ke pembahasannya yah!

Yang pertama kita akan membahas pengertian bakat. Nah, bakat merupakan suatu potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan pengetahuan dan keterampilan khusus, misalnya seperti kemampuan berbahasa, bermain musik, melukis, menari dan lain-lain.

seseorang yang berbakat memiliki kemampuan belajar dengan tempo yang relatif singkat dibandingkan orang lain namun, hasilnya Justru lebih baik. Adanya bakat dalam diri seseorang membuat orang tersebut dapat menguasai bidang tersebut dengan cepat, misalnya seseorang yang memilki bakat melukis akan lebih cepat mengerjakan pekerjaannya dibandingkan seseorang yang kurang berbakat pada bidang itu. Sekarang ini masih banyak anak-anak yang masih belum mengetahui bakat apa yang mereka miliki padahal setiap anak dilahirkan dengan kehebatan bakat masing-masing. Banyak orang yang sukses di bidangnya karena mereka berbakat, tetapi hal ini terdapat aspek lain yang tersalurnya bakat tersebut, aspek itu biasa disebut dengan minat.

Lalu apa sih minat itu? Nah, minat merupakan suatu aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, dan memberi kesenangan atau kenikmatan. Selain itu, minat juga dapat menjadi indikator dari kekuatan atau keinginan seseorang pada lingkungan tertentu yang dimana ia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukkan kinerja yang tinggi.

Nah, dari kedua pengertian diatas ada persamaan dan perbedaan berkaitan dengan bakat dan minat.

Dari pengertian keduanya persamaan bakat dan minat sama-sama perlu adanya pengembangan melalui belajar agar kemampuan dan keinginan yang ada dapat menjadi sesuatu yang nyata. Sedangkan perbedaan bakat dan minat bakat yang dimana bakat adalah natural atau bawaan terlepas dari aspek suka atau tidak suka dan juga  aspek kinetik ternyata lebih dominan tidak mudah berubah dan permanen sedangkan minat dipengaruhi oleh lingkungan hasil belajar atau pengalaman orientasi pada hobi dan kesukaan semata dan mudah berubah sesuai dengan perkembangannya.

 Adapun jenis-jenis bakat yang dibagi menjadi beberapa bagian yaitu;

  • Bakat umum, merupakan kemampuan yang berupa potensi dasar yang bersifat umum artinya setiap orang memiliki dan mampu melakukannya contohnya bernyanyi, memasak dan lainnya.
  • Bakat khusus, merupakan kemampuan yang berupa potensi khusus artinya tidak semua orang memiliki bakat tersebut. Contohnya seperti kemampuan bermain alat musik, kemampuan berbahasa, olahraga dan lain-lain.
  • Adapun bakat khusus yang lain yaitu;
  • Bakat verbal yaitu bakat tentang konsep-konsep yang diungkapkan dalam bentuk kata-kata.
  • Bakat numerical yaitu bakat tentang konsep-konsep yang diungkapkan dalam bentuk angka.
  • Bakat skolastik yang merupakan kombinasi kata-kata dan angka-angka kemampuan dalam penalaran mengurutkan berpikir dalam pola-pola sebab-akibat, menciptakan hipotesis, mencari keteraturan konseptual atau pola numerik hal ini merupakan kecerdasan para ilmuwan angkutan dan program komputer.
  • Bakat abstrak yaitu bakat yang bukan kata maupun angka tetapi membentuk pola, rancangan dan juga diagram.
  • Bakat mekanik, yaitu bakat tentang prinsip-prisnip umum ilmu pengetahuan alam, tata kerja mesin dan alat-alat lainnya.
  • Bakat spasial yang merupakan bakat untuk mengamati, menceritakan dalam pola dua dimensi atau berpikir dalam tiga dimensi, bakat ini merupakan pekerjaan untuk para arsitek fotografer pilot dan Insinyur mesin.
  • Bakat kecepatan ketelitian klerikal yaitu tentang tugas tulis-menulis ramu meramu untuk laboratorium kantor dan lain-lain.
  • Bakat linguistik atau bakat bahasa misalnya untuk jurnalistik, stenografi, penyiar, editing, hukum dan pramuniaga.

  • Adapun macam-macam minat
  • Minat yang diekspresikan artinya seseorang dapat mengungkapkan minat atau pilihannya dengan kata-kata tertentu misalnya seseorang mungkin mengatakan bahwa dirinya tertarik dalam mengumpulkan miniature atau koran bekas dan lain-lain.
  • Minat yang diwujudkan, yaitu seseorang dapat mengungkapkan minat bukan melalui kata-kata melainkan dengan tindakan atau perbuatan yaitu ikut serta dan berperan aktif dalam suatu kegiatan, misalnya kegiatan olahraga, organisasi, pramuka dan sebagainya yang menarik perhatian.
  • Minat yang diinventariskan, yaitu seseorang menilai minatnya agar dapat di ukur dengan menjawab terhadap sejumlah pertanyaan.

Lalu bagaimana kita dapat mengenal bakat yang kita miliki?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN