Mohon tunggu...
Icha Ibrahim
Icha Ibrahim Mohon Tunggu... Mahasiswi

don't look for me, I'm not here"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Asumsi Dasar Teori Perkembangan Menurut Lev Vygotsky

30 Maret 2021   13:24 Diperbarui: 30 Maret 2021   13:34 62 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asumsi Dasar Teori Perkembangan Menurut Lev Vygotsky
https://www.famouspsychologists.org/

Hai semuanya!

Pada artikel kali ini saya akan Kembali membahas materi terkait dengan Perkembangan Kognitif. Nah, sebelumnya kita udah pernah membahaskan terkait dengan Perkembangan kognitif anak dari pandangan Jean Piaget. Untuk artikel kali ini saya akan membahas Perkembangan kognitif anak dari pandangan Lev Vygotsky.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan, mungkin dari teman-teman semua udah kenal belum siapa Lev Vygotsky itu? Okey, mungkin Sebagian dari teman-teman udah ada yang tau yah siapa beliau itu dan juga mungkin ada yang belum.

Baik langsung saja kita ke pembahasannya yah!

Lev Semionovich Vygotsky merupakan seorang psikolog asal Rusia yang lahir di Orsha, sebuah kota kecil di Belarus, pada 17 November 1896. Beliau dikenal atas keterlibatannya dalam teori perkembangan anak. Salah satu hasil kerja beliau yang dikenal di bidang psikologi anak ialah merumuskan konsep terkait dengan  "zone of proximal development". 

Menurut beliau perkembangan kognitif anak itu dapat diperoleh dari dua jalur, yaitu proses dasar secara biologis dan juga proses psikologi yang bersifat sosio budaya. Dalam studinya Vygotsky fokus pada hubungan antara manusia dan konteks sosial budaya yang dimana anak berperan dan saling berinteraksi dalam berbagai pengalaman atau pengetahuan. Oleh karena itu, teori Vygotsky yang dikenal dengan teori perkembangan sosiokultural yang menekankan interaksi pada sosial budaya dalam kaitannya dengan perkembangan kognitif.

Lev Vygotsky meninggal karena tuberkulosis pada tahun 1934 pada usia 37 tahun. Meskipun usianya masih muda, ia menjadi salah satu psikolog paling berpengaruh di abad ke-20. Beliau meninggalkan nasihat untuk pendidik dengan memberikan siswa latihan dalam berbicara dengan orang lain, kami memberi mereka kerangka untuk berpikir sendiri.

Teori perkembangan sosial Vygostky berpendapat bahwa komunitas dan bahasa memainkan peran sentral dalam pembelajaran. Sementara jean piaget menyimpulkan bahwa perkembangan kognitif anak terjadi secara bertahap, Vygotsky menolak idenya dengan keyakinan bahwa anak-anak berkembang secara mandiri dari tahapan tertentu sebagai hasil dari interaksi sosial.

Vygotsky mengklaim bahwa kita dilahirkan dengan empat fungsi mental dasar yaitu, perhatian, sensasi, prasangka, dan ingatan. Lingkungan sosial dan budaya kitalah yang memungkinkan kita menggunakan keterampilan dasar ini untuk mengembangkan dan akhirnya memperoleh fungsi mental yang lebih tinggi. 

Perkembangan ini idealnya terjadi di zona perkembangan proksimal. Pertama, ada yang bisa kita lakukan sendiri. Lalu ada zona perkembangan proksimal, yang mewakili apa yang bisa kita lakukan dengan bantuan orang dewasa, teman, teknologi, atau apa yang disebut Vygotsky sebagai "orang lain yang lebih berpengetahuan". Terakhir, ada yang berada di luar jangkauan kita. Sebagai ilustrasi dari pemahaman tersebut mari kita pikirkan tentang anak kembar yang berada dalam keluarga di mana anak laki-laki diharapkan untuk belajar dan sukses sementara anak perempuan hanya diharapkan untuk menjadi cantik. 

Pada usia 10 bulan keduanya memiliki kemampuan merangkak dan berada dalam zona perkembangan proksimal untuk belajar cara berdiri. Semakin banyak orang yang berpengetahuan, dalam hal ini sang ayah, memberikan kesempatan kepada sang anak untuk berlatih di ruang bermain yang dilengkapi dengan perancah dan benda-benda lainnya. Anak laki-laki itu didorong untuk menjelajahi peralatan tersebut dan akhirnya dia menggunakannya untuk menarik dirinya sendiri. Beberapa jam kemudian dia meluncur di sepanjang struktur dan beberapa hari kemudian dia berdiri. Gadis itu juga memiliki potensi untuk berdiri tetapi tidak mendapat dukungan apa pun dalam mempelajari keterampilan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN