Mohon tunggu...
Nuraziz Widayanto
Nuraziz Widayanto Mohon Tunggu... lainnya -

belajar menulis apa saja sambil minum kopi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

175 KM dari Masa Lalu

13 Agustus 2016   01:08 Diperbarui: 13 Agustus 2016   07:47 115 10 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tinggal di Ponorogo dan membaca berita penayangan perdana restorasi film Tiga Dara menumbuhkan dua kegelisahan : pertama, bisa nonton apa tidak. Kedua, siapa yang akan saya ajak nonton.

Kegelisahan pertama langsung menjadi kekecewaan, cinemaxx ponorogo tidak atau belum ada dalam list pemutaran. Bioskop terdekat, solo dan jogja. Jarak sekitar 175 km harus saya tempuh untuk menonton. Dan itu tidak mungkin karena kesibukan pekerjaan. Kesibukan yang harusnya bisa mengalah karena sebenarnya saya hanya berjarak 175 km saja dari masa lalu. Menonton restorasi film tiga dara tidak hanya persoalan hiburan tapi menyelami masa lalu indonesia. Persoalan menjadi Indonesia.

Kegelisahan kedua belum menjadi kekecewaan. Tentang siapa yang saya akan ajak nonton itu penting. Saya kepikiran untuk mengajak orang yang mengalami muda saat tiga dara tayang perdana dulu. Saya butuh melihat sebuah ingatan yang kembali dan menjadi cerita-cerita yang melengkapi film tiga dara.  Mengapa soal masa lalu ini penting? Karena ini tentang ingatan. Penyikapan kita akan ingatan kita adalah kualitas kedewasaan. Apakah Ingatan hal baik akan menjadi kenangan saja atau pemujaan? Apakah ingatan buruk menjadi trauma atau malah menjadi semangat konstruktif?

Dan bagi anda yang hanya beberapa meter dari masa lalu, jangan lewatkan. Apalagi para kenthirer sedang bikin event menulis tentang restorasi film tiga dara berhadiah gede. Tunggu apalagi?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan