Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Senang menulis tentang Pertanian, pangan, dan lifestyle. Enjoy the moment!

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Diabetes Anak

11 Februari 2023   08:39 Diperbarui: 11 Februari 2023   08:41 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber ilustrasi : kompas TV

Dikutip dari IDAI tahun 2023, kasus diabetes pada anak mengalami peningkatan. Selain itu, penyakit diabetes ini lebih banyak menyerang anak perempuan. 

Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan tetapi bisa mengontrol kadar gulanya. Anak usia 10-14 tahun banyak yang tercatat sebagai penderita diabetes. Penyebab dari penyakit diabetes anak yaitu gaya hidup yang tidak baik. Saran orang tua seharusnya lebih memperhatikan gaya hidup anak supaya hidup sehat. 

Penyebab diabetes pada anak

Penyakit diabetes yang menyerang anak yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penyebab diabetes tipe 1 ini adalah faktor keturunan dan penyakit autoimun. Sedangkan penyebab diabetes tipe 2 biasanya adalah kelebihan berat badan. 

Faktor penyebab diabetes dikalangan anak anak dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat. Anak jaman sekarang yang dimanjakan dengan gadget membuat anak lebih menyukai menghabiskan waktunya dengan bermain gadget. Entah itu bermain game online atau scrol media sosial. Keseringan anak sekarang juga senang sekali makan makanan junk food dan malas untuk gerak.

Teknologi digital yang makin maju, membuat anak kecanduan game online sehingga malas untuk gerak apalagi olahraga. Padahal gerak tubuh akan membuat anak lebih sehat. Ditambah dengan lebih suka makan makanan junk food yang lebih gurih dibandingkan makan sayur dan buah. 

Upaya pencegahan diabetes anak

Pencegahan diperlukan agar meminimalkan risiko anak terserang penyakit diabetes. Peran orang tua untuk memantau kesehatan anak agar tumbuh dengan baik sangat diperlukan. Orang tua harus memperhatikan asupan makan anak. 

Berikut beberapa upaya mencegah penyakit diabetes anak :

1. Menerapkan pola makan sehat pada anak. Membiasakan anak untuk makan sayur dan buah setiap makan. Konsumsi makanan yang memiliki lemak sehat. Pastikan orang tua selalu menjaga pola makan si anak sehingga nutrisi terpenuhi. Kurangi juga anak untuk mengkonsumsi makanan tinggi kalori untuk menjaga kadar gula darah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun