Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang belajar menulis

Mahasiswi FPP UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Apa Itu Sagu?

25 Agustus 2022   10:55 Diperbarui: 25 Agustus 2022   11:02 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi gambar : pixabay.com

Apa Itu Sagu?

Sagu (Metroxylon sagu) adalah salah satu pangan pokok tradisional masyarakat Indonesia di bagian timur seperti di Papua dan Maluku. Sagu ini diperoleh dari pengolahan batang pohon sagu.

Indonesia memiliki satu juta hektar hutan sagu yang tersebar di beberapa provinsi. Sebaran tanaman sagu terdapat di wilayah Papua, Maluku, Riau, Sulawesi Tengah. 

Tanaman Sagu.

Tanaman sagu bisa dikatakan sebagai kekayaan hutan Indonesia karena dari total lahan di dunia, hampir 83 persen lahan sagu ada di Indonesia.

Tanaman sagu dapat tumbuh hingga setinggi 20 meter bahkan 30 meter. Dari satu pohon sagu dapat dihasilkan 150 sampai 300 kg pati sagu. 

Tanaman sagu dapat dipanen secara terus menerus setelah 12 tahun. Tanaman sagu juga tidak perlu diberi pupuk maupun pestisida.

Proses pengolahan pati sagu melewati beberapa tahap seperti penebangan pohon sagu, pengambilan empelur/batang, melakukan ekstraksi pati, pengendapan pati dan pengeringan pati. 

Kandungan Gizi.

Sagu memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dibanding makanan pokok lain seperti beras. Akan tetapi sagu sangat sedikit mengandung protein. 

Melihat kandungan karbohidrat yang tinggi pada sagu, dalam mengkonsumsi sagu harus diimbangi dengan kadar gizi lain seperti dicampur dengan ikan dan sayuran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun