Oleh:
Nuraini Hasanah, Edy Syahputra
- Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting, yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian manusia. Dengan bantuan pendidikan, orang dapat meningkatkan peluang mereka untuk kesejahteraan yang lebih baik..Menurut Yunita (2013: 9) Salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan adalah dengan mengembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan daya pikir dan kemampuan siswa dalam memahami konsep materi. Salah satunya adalah model pembelajaran terbuka (open ended learning).
Oleh :
Nuraini Hasanah, Edy Syahputra
Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting, yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian manusia. Dengan bantuan pendidikan, orang dapat meningkatkan peluang mereka untuk kesejahteraan yang lebih baik.
Menurut Yunita (2013: 9) Salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan adalah dengan mengembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan daya pikir dan kemampuan siswa dalam memahami konsep materi. Salah satunya adalah model pembelajaran terbuka (open ended learning).
Penemu open ended adalah  penelitian  shimada and becker(1997) dalam yusmarn yaitu:instructional strategi  that creates interest and simulates  creative mathematical activity in the classroom trhough student's collaborative work. Lesson using open-ended problem solving emphasize the proses of problem solving activitiesrather than focusing on the result.Â
Pengertian open ended learning menurut para ahli pendidikan matematika, yaitu:
- Dalam (David, 2016:84) Becker & Shimada mengatakan bahwa metode terbuka adalah metode yang memberikan pengalaman kepada siswa untuk secara mandiri menemukan informasi matematika baru dengan menggabungkan pengetahuan, keterampilan atau cara berpikir yang telah dipelajari siswa sebelumnya.
- Pendekatan terbuka adalah pendekatan pembelajaran yang menyajikan suatu masalah dengan beberapa jawaban yang benar. (Arief, 2018:50)
- Menurut (Asep & Jihad, 2008), model pembelajaran terbuka adalah pendekatan yang menekankan pada pertanyaan aplikasi yang memungkinkan solusi dan strategi ganda. Siswa yang menghadapi model pembelajaran terbuka ini tidak terutama mencari jawaban, tetapi lebih mementingkan bagaimana mereka mendapatkan jawabannya.
Model pembelajaran terbuka adalah pembelajaran yang menawarkan kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah dengan cara yang berbeda dan dengan lebih dari satu jawaban yang benar, setelah itu hasil pekerjaannya didiskusikan dan dibandingkan
Menurut (David, 2016 : 84). tujuan belajar dengan metode open ended learning adalah agar siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk mengembangkan cara berpikir matematis dan  kreatif dan dalam diberikan masalah yang bersifat terbuka, siswa melakukan investigasi dengan menggunakan strategi pemecahan masalah yang berbeda. Selain itu, siswa memahami bahwa proses penyelesaian suatu masalah sama pentingnya dengan hasil akhir yang dicapai.