Mohon tunggu...
Nur Laila Sofiatun
Nur Laila Sofiatun Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Perempuan yang ingin bermanfaat bagi keluarga, agama, bangsa dan negara

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Sebelum Beli Mobil, Coba Anda Lakukan Hal Ini!

9 Agustus 2022   13:13 Diperbarui: 9 Agustus 2022   13:28 167 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kemacetan yang terjadi di ibukkota Jakarta (sumber: bisnis.com)

Hasil survei online tahun 2022 dari beberapa situs menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama kategori penduduk paling malas gerak (mager) sedunia. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang di negeri kita adalah orang-orang yang tidak suka bergerak. Maka tak heran jika penduduknya pun lebih suka berkendara dibandingkan dengan jalan kaki. Karena dengan berkendara akan mengurangi aktivitas gerakan kaki.

Dalam berkendara pun orang Indonesia lebih suka menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum. Hal ini menjadikan jumlah kendaraan pribadi di Indonesia begitu berlimpah. 

Ilustrasi seseorang yang malas melakukan aktivitas (sumber: kompas.com)
Ilustrasi seseorang yang malas melakukan aktivitas (sumber: kompas.com)

Penjualan Kendaraan di Indonesia 

World Atlas pada tahun 2019 dalam lamannya mengumumkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ketiga negara dengan jumlah rumah tangga terbanyak yang memiliki sepeda motor. Sedangkan untuk tingkat penjualan mobil di Indonesia, Indonesia menduduki peringkat 17 penjualan tertinggi di dunia. 

Mudahnya pembelian kendaraan bermotor dan rendahnya pajak yang dikenakan menjadi salah satu faktor penentu banyaknya penduduk Indonesia yang memiliki kendaraan pribadi. Selain itu, gengsi yang ditimbulkan karena memilikinya juga menjadi faktor yang cukup berpengaruh. 

Dengan gengsi yang dihadirkan setelah memiliki mobil, banyak orang akhirnya ingin segera memilikinya. Bagi mereka yang memiliki uang melimpah, maka membeli mobil bukanlah hal yang harus dipikirkan secara khusus. Karena jika mereka ingin, tinggal pilih, bayar, dan beres. Mobil segera ada di garasi rumah.

Akan tetapi, bagi mereka yang memiliki keuangan menengah ke bawah pembelian mobil adalah hal yang harus dipikirkan secara matang dengan banyak pertimbangan. Apakah mau beli mobil baru atau mobil bekas? Beli kontan atau kredit? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang pastinya akan memenuhi kepala.

Tips Sebelum Membeli Mobil

Alih-alih menuruti gengsi untuk memiliki mobil baru, menurut saya kalian perlu melakukan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk mau membeli mobil atau tidak.

1. Apakah Membeli Mobil adalah Kebutuhan Mendesak?

Sebelum membeli mobil coba tanyakan pada diri sendiri, apakah hal ini masuk dalam kategori kebutuhan yang harus kita penuhi segera. Dimana jika kita tidak membelinya kita akan kesusahan dalam menjalani hidup. Atau hanya keinginan semata untuk memenuhi gengsi hidup? 

Jika jawaban pertama yang kalian dapatkan, maka belilah mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi jika jawaban kedua yang kalian dapatkan janganlah kalian beli mobil. Gunakanlah uang tersebut untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan