Mohon tunggu...
nur rokhman
nur rokhman Mohon Tunggu... Editor - penulis

Penulis Berita Digital

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bisnis "Keagamaan" yang Menjanjikan Selain Haji

19 April 2021   15:18 Diperbarui: 19 April 2021   15:47 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Tidak bisa kita pungkiri bahwa kegiatan ritual keagamaan seperti haji dan umroh memiliki dampak terhadap perkembangan ekonomi dalam negeri. Bisnis keagamaan ini mampu membuka lapangan pekerjaan yang banyak (sebelum pandemi terjadi). Bisa kita banyak jasa-jasa travel haji dan umroh yang bertebaran diluar sana. 

Bisnis yang berkaitan dengan nilai keritualan saya rasa memang tidak akan ada matinya. Selagi masih ada penganut agama tersebut di dalamnya. Karena akan selalu ada saja orang yang mencarinya untuk mencari keridaan Allah SWT . 

Selain haji ada juga bisnis aqiqah. Ya, aqiqah bahasa singkatnya adalah suatu kegiatan memotong kambing sebagai rasa syukur atas kelahiran anak kita. saya punya pengalaman menarik saat mendatangi suatu lembaga jasa aqiqah. Saya pernah mendatangi suatu jasa aqiqah kawasan jakarta selatan inisial A.S ,

Ketika saya hendak datang saya agak kaget ternyata tempatnya cukup bagus. Saya kira bisnis seperti yaa... tempatnya seadanya. Hal yang diluar dugaan ini tentu memancing saya untuk lebih mengetahui sedikit banyak bisnis jasa aqiqah ini. Tentu kalau ingin mengetahui sedikit banyak prospek bisnis kita bisa nanya-nanya sedikit ke karyawannya bukan ?? hehehe.. dan itulah yang saya coba lakukan.

ketika saya akhirnya sampai dan mendatangi jasa aqiqah tersebut dan ngobrol dengan salesnya. Dugaan saya salah.. ternyata berbisnis dalam bidang jasa aqiqah itu tidak bisa diremehkan. Omsetnya mampu mencapai 3 miliar lebih dalam sebulan sobat ! Ya, angka yang ga bisa dibilang kecil tentunya... 

Nyatanya ketika saya ajak ngobrol sales penjual jasa aqiqah tersebut... banyak orang indonesia yang suka aqiqah juga saat dewasanya, bahkan klo orangtunya sudah meninggal dan belum meninggal diaqiqah juga !

Saya kira bisnis seperti ini ya bisnis yang penghasilang swing... alias angin-anginan. Ternyata dugaan saya salah... industri bisnis prospek yang belum digarap pemain-pemain besar. Nah saya kira sobat yang punya bakat peternakan bisa nyoba bisnis ini.

Cukup prospek saya kira dari apa yang saya tanya-tanya ke sales yang saya datangi waktu itu. 

Adakah sobat yang tertarik juga dengan bisnis jasa aqiqah ? atau ada yang pernah ada pengalaman pahit dalam berbisnis jasa aqiqah ? Ayo kita diskusi dibawah !

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun