Mohon tunggu...
Agustian Deny Ardiansyah
Agustian Deny Ardiansyah Mohon Tunggu... Guru - Guru yang tinggal di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Setiap tulisan yang saya tulis dan memiliki nilai manfaat pada blog kompasiana ini, pahalanya saya berikan kepada Alm. Ayah saya (Bapak Salamun)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru Penggerak Jangan Jadi "Bebek Lumpuh"!

8 Desember 2023   23:42 Diperbarui: 20 Januari 2024   06:03 13292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Prosesi Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Bangka Selatan Tahun 2023. (Sumber: Dokumen Pribadi/Agustian Deny Ardiansyah)

Tepat pada tanggal 27 september 2023 kemarin, 35 orang guru penggerak angkatan 6 Kabupaten Bangka Selatan termasuk saya telah dikukuhkan secara resmi.

Pengukuhan yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan tersebut rasanya sangat spesial dan berkesan.

Hal itu karena selama hampir 8 bulan kami berjibaku dengan tenaga, pikiran dan waktu akhirnya di rayakan dengan penuh hikmat dan penghormatan.

Saya katakan berjibaku, karena kami harus membagi waktu antara menjadi seorang pendidik dan menjadi seorang  pembelajar untuk memahami setiap materi dalam pendidikan guru penggerak yang kami ikuti.

Jika kami tak pandai mengatur waktu, tenaga dan pikiran mungkin kami akan kalah dengan situasi dan memutuskan untuk "menyerah" atau "berhenti". 

Namun hal itu tidak berlaku bagi 35 orang guru penggerak angkatan 6 Kabupaten Bangka Selatan yang telah dikukuhkan tersebut.  

Dengan semangat juang tinggi, 35 orang guru penggerak tersebut mampu melewati setiap tahap dalam pendidikan guru penggerak sehingga bisa menjadi seorang "guru penggerak" seperti saat ini.

Pertanyaannya, setelah di kukuhkan menjadi guru penggerak di sekolahnya masing-masing, apa yang harus dilakukan oleh guru penggerak  untuk menjawab tantangan yang ada di sekolahnya?.

1. Menjaga Motivasi Sebagai Guru Penggerak

Menjadi seorang guru penggerak bukanlah suatu proses yang mudah, itu karena setiap tahap seleksi harus mampu dilewati tanpa kata gagal baik seleksi administrasi, menulis essai, wawancara, praktek mengajar dan mengikuti pendidikan guru penggerak selama kurang lebih 8 bulan harus diikuti secara baik dan menyeluruh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun