Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Guru - Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30) Psychology; Port Management; Law; Administration; Industrial and Organizational Psychology; Leadership.

Selanjutnya

Tutup

Surabaya Pilihan

Stiamak Telusuri Jejak sejarah Sunan Drajat di Paciran Lamongan yang masih eksis

18 Juli 2021   21:17 Diperbarui: 18 Juli 2021   21:27 211 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kompleks makam Sunan Drajat (dokpri) 

Saya masih terus penasaran dengan jejak sejarah Walisongo yang menarik untuk ditelusuri legacynya. Dari sisi agama baiklah itu apa yang dinamakan barangkali Islamisasi budaya Jawa. 

Dari sisi lain barangkali malahan dapat dikatakan sebagai Jawanisasi Islam.

Seperti yang barusan saya kunjungi sore ini menggunakan jeda waktu mumpung sedang berada di kawasan Gresik sehingga tidak perlu menerobos penyekatan. (18 Juli 2021).

Stiamak Barunawati Surabaya merasa berkepentingan menjenguk legacy peradaban ini karena 3 alasan utama; 

(1) Tempat para Sunan ini adalah hinterland atau zona belakang Sekolah di mana sebagian student berasal dari wilayah ini sehingga perlu saling sapa dengan masyarakat setempat.

(2) Sunan Drajat adalah salah satu back up ekspert sosial masyarakat yang mendukung Kerajaan Demak yang punya sejarah perlawanan terhadap kolonial dengan latar belakang armada maritimnya.

(3) Siltaurahim dengan masyarakat sekitar Surabaya meskipun dengan menelusuri rekam jejak masa lampau sehingga cerita lisan akan dapat ditindaklanjuti secara literasi, utamanya administrasi bisnis masa lampau dalam menggerakkan sosial ekonomi rakyat.

Sebagaimana diketahui, para Sunan adalah tokoh masyarakat yang juga pegiat literasi, pembina lahan pertanian perikanan, dan UMKM di jamannya. 

Dari ibu kota Gresik saya setel jarak Sunan Drajat kok hanya sekitar 30 menitan. Saya pacu kendaraan bersama kolega hingga tiba di masjid Sunan Drajat. Letaknya di Kota Lamongan

Blaikk... ternyata memang keliru. Google map membaca peta masjid Sunan Drajat dan bukan makan Sunan Drajat. AKhirnya kami balik kucing menelusuri map yang benar yakni  Tomb Sunan Drajat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan