Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Karena Khabib Memilih Cinta Ayah dan Janji ke Ibunda

4 April 2021   10:15 Diperbarui: 4 April 2021   10:18 240 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karena Khabib Memilih Cinta Ayah dan Janji ke Ibunda
Khabib dan alm ayahanda beserta keluarga (Foto: Khabibfans.club)

Akhirnya sosok monumental dalam UFC, Khabib Nurmagumedov, benar-benar sebenarnya mengundurkan diri. Banyak yang menyatakan kecewa atas putusannya. Terutama, musuh bebuyutan yang sangat ingin mengandaskannya, Tony Ferguson yang sedianya akan digelar 18 April 2021 ini. Pasti juga Conor McGregor, jagoan dari Irlandia juga hanya tercenung karena peluangnya untuk membalas dendam juga musnah. Sebagaimana Tony Ferguson yang bahkan sampai dikatakan harusnya ada "Pertandingan Terkutuk", yang mempertemukan Tony dan Khabib.

Tapi Khabib, petarung romantis religius dari Dagestan Rusia ini memang memilih memegang janji kepada ayah bundanya. 

"Semenjak wafatnya ayahandaku, yang juga pelatih dan figurku selama ini, sudah cukup sudah semua petualangan di MMA - UFC selama ini, "katanya di banyak media. Khabib, juga selalu mengatakan berjanji kepada Ibundanya, selain ayahanda, bahwa pertarungan terakhirnya adalah dengan Justin. 

Suasana emosional terasa ketika itu. Justin Gaethje bahkan sangat terkesan dengan apa yang telah dilakukan Khabib Nurmagomedov pada laga terakhirnya. Menurutnya, membuat keputusan pensiun tepat sesaat setelah pertarungan adalah hal yang emosional, dan ia berkata bahwa Khabib membuat ayahnya bangga. Justin mendekat ke Khabib, yang sedang dalam posisi sujud syukur penuh dengan limbahan air mata. 

Khabib Nurmagomedov memutuskan untuk pensiun dari seni bela diri campuran (MMA). Keputusan itu diumumkannya usai bertarung melawan Justin Gaethje pada UFC 254,  Ahad (25/10/2020) dini hari WIB.

Pertarungan tersebut memang telah dimenangi Khabib Nurmagomedov pada ronde kedua melalui submission. Dengan begini, ia berhasil mempertahankan sabuk juara kelas ringan (lightwight) UFC dengan skor 29-0, alias 29 ali bertanding tanpa terkalahkan. 

Sesaat setelah pertarungan, Khabib Nurmagomedov menangis pilu. Terselip kalimat yang menjadi alasannya pensiun dari dunia yang telah membesarkannya.

"Hari ini saya mau mengatakan bahwa ini adalah pertarungan terakhir saya," kata Khabib Nurmagomedov pada semua awak media, termasuk potingan di instagramnya. "Tidak mungkin saya bisa berada di sini tanpa ayah saya. Saya telah berjanji pada ibu saya bahwa inilah pertarungan terakhir saya," ujarnya lagi.

Setelah tanding yang mengharu biru itu, dan pernyataan penuh sensasi mundur dirinya, akhirnya jadilah resmi pensiun dari UFC, Khabib Nurmagomedov direlease dengan penuh ucapan terima kasih kepada  Dana White, Jumat, 19 Maret 2021. 

Akankah kita punya laga yang dahsyat ala Khabib Nurmagumedov yang penuh haru dan sensasi, masih perlu bukti. Yang jelas, mundurnya Khabib dengan pasti ini menunjukkan bahwa petarung yang galak di oktagon, ternyata sangat sensitif dan disiplin memegang janji kepada Ayahanda tercinta, dan Ibunda terkasih.  Bahkan Dhana Withe, bosnya MMA sempat berusaha membujuk Khabib untuk setidaknya bertarung sekali lagi, biar genap rekor 30-0, bukan sekedear 29-0.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN