Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (Al Mulk 67:30)

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Soto Kemepyar ala Boyolali

6 Maret 2021   14:25 Diperbarui: 6 Maret 2021   14:50 106 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Soto Kemepyar ala Boyolali
Berbahan ambil di kulkas, ternyata bisa jadi Soto Kemepyar (foto: Siti Rusmiyati)

Membaca Soto Korea yang barusan tayang di Kompasiana, rupanya teman-teman saya pada penasaran. Mau membuat soto Korea kok rasanya perlu persiapan khusus dengan banyak bumbu angel dicari misalnya gingseng. 

Nah, ini Mpok Siti Rusmiyati yang tinggal di Betawi Coret alias Ndepok ini,  bongkar-bongkar isi kulkas dan bisa bikin Soto secepat kilat yang rasanya juga bikin kemepyar katanya. 

Definisinya kemepyar ya mirip-mirip ditampar tapi dengan penuh kasih sayang. Hehehe... ya kayak bangun tidur lantas disuruh minum teh anget, soto anget, dan mandi dengan air hangat. Kemepyar pol..

Bah, begini ceritanya memanfaatkan bahan yang ada di kulkas. Pertama, tulang ayam buat kaldunya biar gurih, karena sirip-sirip daging dalam tulang dan sumsumnya, juga karena masak ga pernah pakai mici.. 

Dengan demikian,  andalannya ya kaldu plus perpaduan gula dan garam biar rasanya tetap nendang. Lantas, ada fillet ayam buat suwirannya. Jangan lupa sudah ada bumbu dasar blenderan brambang bawang, jadi tinggal nambahi bubuk kunyit, tumbar, mrica dan jahe. 

Nah, ini sangat cocok bagi  emak pengen praktis yg males ngulek. Bahan lainnya toge, kol, seledri, brambang goreng. 

Nah, biasanya an ada lengkap tuh di kulkas meski ya sedikit-sedikit adanya karena menu besarnya sudah habis dikonsumsi. 

Sambel juga bisa menggunakan sisa beli soto bungkus go food, panaskan dikit biar bersih dari lier-lier bekas sausnya.

Sudah jadi... silakan dimakan. 

Diperkirakan sup ala Mpok Siti ini berbiaya sekitar Rp. 35 ribu, dan bisa dikonsumsi untuk 4 orang. Pasti dengan tambahan nasi di piring ya.. jadi sotonya buat lawuh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN