Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Konsultan - Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30) Tulisan boleh dikutip dengan sitasi (mencantumkan sumbernya). 1) Psikologi 2) Hukum 3) Manajemen 4) Sosial Humaniora 5) Liputan Bebas

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Everyone is Baik Hati, is There Any Place Worth It than This?

20 Desember 2020   05:01 Diperbarui: 20 Desember 2020   21:18 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Persahabatan lintas bangsa saling memahami dan menghormati (Foto: Bu Atik dan Ayako)

Saya bertemu dengan Ibu  Ayako Goto, seorang guru dari Jepang yang berkesempatan magang, program budaya, atau pertukaran guru (teacher exchange) di SMA Barunawati Surabaya. Kebetulan saya menjadi tetangga, yakni di STIAMAK Barunawati. Berkomunikasi secara patah-patah dalam bahasa Indonesia, ternyata Bu Ayako ini punya beberapa catatan yang menarik. Selain itu, Bu Ayako ini juga intensif interaksi dengan Bu Atik, Kepala SMA Barunawati dalam banyak kegiatan sosial, sehingga banyak kesan mendalam ketika Bu Ayako harus kembali ke Jepang. 

Terkesan dengan keramahtamahan Surabaya, beneran lho bukan basa-basi, rupanya Bu Ayako menyimpan rasa mendalam terhadap suasana kekeluargaan di Barunawati, yang notabene adalah representasi dari nilai budaya Nusantara. Berikut saya kutipkan dari penterjemahan 3 jenjang ya... tulisan aslinya Kanji dalam bahasa Jepang, lantas ditranslate ke English, baru ke Indonesia. Mohon maaf kalau kurang pas, namun pesannya semoga sampai. 

(1) Surabaya di Hatiku 

Belakangan ini, saya mendapat kesempatan untuk ngobrol online dengan orang Indonesia. Saya ditanya dimana tempat yang paling mengesankan di Indonesia, dan saya tidak tersesat (maksudnya :  tidak memberikan jawaban salah, - NDP)  dan menjawab 'Surabaya

Orang itu sangat kecewa dengan jawabannya. Sepertinya dia mengharapkan saya menjawab tempat-tempat wisata terkenal seperti Bali, Yogyakarta, dll.

Selama setengah tahun saya tinggal di sana, saya sering pergi keluar bersama guru dan siswa saya pada akhir pekan, dan saya tidak punya waktu untuk bepergian jauh.

Namun, saya pergi ke banyak tempat terdekat, termasuk kampung halaman guru Madre Island (maksudnya: Pulau Madura) , dan bintang-bintang terlihat bagus, dan pernikahan Alan Sensei dan cumi-cumi sensei. Saya pergi ke resor musim panas orang surabaya 3 kali. Pantai Ken Jae-run (maksudnya : Pantai Kenjeran Surabaya), tempat kebun binatang, bakau, dan kuil Cina yang menyertai para siswa juga berkesan.

(2) Malahan homesick ke Surabaya 

Hati yang hangat dari para guru dan siswa SMA Barna (maksudnya:  Barunawati-NDP) membuat saya rindu setelah kembali ke Jepang.

Saya sangat senang bisa melihat semua murid saya bersenang-senang dengan para guru di gedung sekolah dekat pelabuhan dan angin dari laut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun