Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Bakti edukasi dengan literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

“Reading maketh a full man; and writing an exact man. ” ― Francis Bacon “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah..” ― Pramoedya Ananta Toer

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Berapa honor ideal untuk Webinar

1 Desember 2020   19:05 Diperbarui: 1 Desember 2020   19:42 236 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berapa honor ideal untuk Webinar
Kunjungan ke lapangan lebih optimal dibandingkan webinar, foto sebelum pandemi Covid19 (dokpri)

Sebagian orang menganggap webinar adalah media gratisan. Mendaftar gratis, dan pembicara juga dianggap tidak perlu dibayar. Makanya, bahkan ada event organizer dadakan, gegara Covid19 yang demam webinar, lantas setiap minggu mengadakan webinar. Bermodal kepandaian membuat flier, mengumpulkan nara sumber, dan free registrasi sehingga peserta dapat terkumpul di zoom sampai ratusan orang partisipan.

Sayangnya, zoom meeting yang digunakan secara gratisan, hanya mampu menampung 100 orang, dan durasi tidak lebih dari 30 menitan. Makanya, level naik menjadi zoom berbayar, baik yang edisi ratusan ribu rupiah, hingga jutaan per bulannya.

Saya tidak tertarik membahas biaya zoomnya, itu tergantung bajet dari panitia webinar, Yang menarik adalah, sebenarnya berapa honor ideal untuk nara sumber atau pembicara di webinar.

Nah, beberapa alternatif barangkali bisa menjadi pedoman, kalau mau lho.. Kalau nggak ya setidaknya ada benchmark untuk panitia.

1. Berdasarkan gelar 

Sebagian panitia ada yang bersedia membayar nara sumber berdasarkan gelar dari narsum tersebut. Misalnya nih, kalau level S1 dibayar kisaran Rp. 200-300 ribuan per event, s2 antara 400 - 600 ribuan, dan s3 atau profesor antara 700 sampai 2 jutaan per event. Durasi nara sumber biasanya 30 menit s.d. 45 menit tergantung panitia. Rata-rata ya hanya 45 menit sudah capek untuk menyimaknya, karena satu kali sehari webinar durasi seringnya hanya 3 - 4 jam saja. Alias 1/2 hari saja. 

Honor tersebut sebenarnya bukan dimaksudkan sebagai honorarium standard, melainkan hanya sebagai "pengganti pulsa". Barangkali pengambil kebijakan bisa membuatkan aturan yang lebih baku tentang ini. 

2. Berdasarkan level webinar 

Sebagian panitia ada yang menggunakan standar level webinar. Secara umum, webinar di poin 1 di atas, adalah level nasional. Nah, kalau level Internasional, bisa lebih banyak lagi. Misalnya dibayar per jamnya US $ 100, atau ya kisaran Rp. 1,5 jutaan. Jadi kalau full mengisi selama 4 jam, nara sumber bisa menerima honor di kisaran 6 juta rupiah hanya dengan bicara lewat zoom. 

Ahhh... yang benerrrr..... Ya kalau tidak percaya, bikin saja event itu dan buat honor sebesar itu.. hehehe..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x