Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Tips Mengatasi Pembayaran Rekening Listrik yang Membengkak

13 Maret 2022   22:57 Diperbarui: 13 Maret 2022   23:17 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: bola.com

Salah satu sumber pengeluaran rumah tangga yang besar adalah pembayaran rekening bulanan untuk listrik. Banyak rumah tangga yang mengeluh dan tidak tahu bagaimana bisa tagihan rekening istriknya sangat besar dan bagaimana cara untuk menekannya.

Berikut beberapa tips untuk menekan tagihan rekening listrik anda.

Pertama, membatasi jam bekerja dari rumah seperti bekerja di kantor. Salah satu sumber membengkaknya tagihan listrik khususnya di masa pandemi covid19 ini adalah adanya ketentuan untuk bekerja dari rumah (Work from home). Salah satu sebab mengapa bekerja dari rumah membuat tagihan listrik membengkak adalah tidak adanya batas waktu di bekerja dari rumah. Ini berbeda dengan bekerja dari kator yang ada batas waktunya. Dan juga ketika bekerja dari kantor listrik dibayari oleh kantor. Maka salah satu caranya untuk mnekan pembayaran rekening listri ketika bekerja dari rumah adalah membatasi jam kerja di rumah seperti ketika bekerja di kantor.

Kedua, mencabut catu daya (charger) handphone ketika tidak digunakan. Menurut sebuah studi, charger handphone yang terus menempel dan tidak digunakan akan menghabiskan daya 0,26 watt. Maka jika charger HP tidak dipakai lebih baik dicabut saja.

Ketiga, mematikan lampu-lampu di rumah yang tidak digunakan. Jika tidur di malam hari lebih baik lampu dimatikan. Juga di siang hari jika memungkinkan gunakan lebih banyak sinar matahari untuk menerangi ruangan dan matikan lampu.

Keempat, jangan menggunakan alat-alat elektrik maupun elektronik yang boros sumberdaya listrik. Jika membeli alat-alat elektrik maupun elektronik, maka belilah yang menghemat konsumsi daya listrik. Sekarang ini dengan kemajuan teknologi maka alat-alat elektronik dan elektrik makin hemat sumberdaya listrik.

Kelima, kurangi membuka dan mentup kulkas terlalu sering. Membuka dan menutup klkas terlalu sering juga akan memboroskan sumber daya listrik yang dipakai.

Keenam, jangan membiarkan TV yang tidak ditonton menyala terus. Sering menjadi kebiasaan ketika malam hari anda menonton TV tetapi secara tidak sadar kemudian TV lah yang menonton anda. Ini tentu akan memboroskan pemakaian listrik. Jika sudah mengantuk dan akan tidur, lebih baik TV dimatikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun