Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ini Bisa Dilakukan oleh Lansia dengan Demensia

23 November 2022   20:09 Diperbarui: 23 November 2022   20:17 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Bagi Anda yang sedang membersamai anggota keluarga lanjut usia (lansia) yang alami demensia atau kondisi serangkaian gejala, yaitu kehilangan memori, kesulitan berpikir perlu memperhatikan tulisan ini.

Beberapa hal ini bisa dilakukan keluarga membantu para lansia yang alami demensia.

Lansia dengan demensia mungkin menemukan simulasi otak untuk mendengarkan lagu favorit mereka. Keluarga dapat membantu orang yang dicintai dalam membuat playlist lagu-lagu favorit dan nostalgia mereka. Mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan juga dapat membuat orang yang dicintai merasa rileks.

Agar tetap aktif secara fisik, orang yang Anda cintai dapat memulai rutinitas olahraga setiap hari. Berolahraga datang dalam berbagai bentuk dan Anda dapat memilih latihan apa yang paling cocok untuk rutinitas dan kebiasaan orang yang Anda cintai. Orang yang Anda cintai dapat membangun kepercayaan diri seputar keterampilan khusus dan pengasuh keluarga juga dapat menemani mereka berolahraga untuk meningkatkan interaksi sosial dan kesenangan.

Orang yang Anda cintai mungkin menikmati berjalan-jalan di luar untuk menyegarkan diri. Menjelajahi alam adalah cara yang luar biasa bagi orang yang Anda cintai untuk menikmati hidup dengan lebih baik dan menemukan minat baru yang dapat meningkatkan suasana hati mereka secara keseluruhan. Pergi keluar juga dapat meningkatkan interaksi sosial orang yang Anda cintai.

Para lansia ini juga perlu mengunjungi tempat-tempat yang sudah dikenal agar dapat meningkatkan kesehatan mental mereka. Keluarga dapat membawa orang yang mereka cintai ke tempat yang paling mereka sukai yang dapat membangkitkan kenangan lama mereka.

Pertemuan keluarga dapat meningkatkan interaksi sosial pada orang yang Anda cintai dan dapat menciptakan rasa sejahtera dalam dirinya. Untuk membangun ikatan yang lebih kuat dengan orang yang Anda cintai dapat meningkatkan aktivitas sosial mereka yang juga dapat mengurangi rasa kesepian di dalamnya.

Membaca atau mendengarkan buku dapat memberikan efek menenangkan pada orang dengan lansia yang alami demensia. Jika mereka menyukai puisi atau cerita fantasi maka Anda bisa memberikan mereka buku sesuai kesukaan mereka. Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang bermakna bagi orang yang Anda cintai dan dapat menimbulkan rasa puas di dalamnya.

Terakhir, lansia dengan demensia mungkin merasa berguna untuk menghabiskan hari mereka dengan rutinitas yang dijadwalkan. Pengasuh keluarga dapat membuat rutinitas yang dapat diprediksi dan nyaman untuk diingat oleh orang yang mereka cintai dan mengerjakannya setiap hari dengan mudah. Orang yang Anda cintai dapat membuat rutinitas yang disesuaikan dengan energi dan kesejahteraan mereka sepanjang hari. (*)

Nugroho Humas RSI Banjarnegara

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun