Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Gejala Awal Gagal Ginjal, Kadang Tak Terdeteksi

22 September 2022   10:23 Diperbarui: 22 September 2022   10:26 89 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokter Syarif Hadi Dokter RSI Banjarnegara Jawa Tengah. Dok Pri

BANJARNEGARA - Biasanya gagal ginjal mungkin tidak diperhatikan. Dalam beberapa kasus mungkin tidak ada tanda-tanda kondisi sejak dini. Dalam kasus lain, gejalanya dibagi dengan banyak penyakit dan kondisi lain.

Gejala awal ini mungkin termasuk perasaan lelah atau kurang sehat secara umum. Mungkin juga ada pengalaman umum kehilangan nafsu makan, mual, dan penurunan berat badan.

"Ketika kondisinya lebih parah setelah kondisi berlanjut untuk jangka waktu yang lebih lama, sejumlah tanda gagal ginjal lainnya mungkin mulai muncul pada individu," kata Dokter Syarif Hadi Dokter RSI Banjarnegara Jawa Tengah.

Secara umum gejala yang ada dapat terus memburuk atau berkembang menjadi masalah lain. Misalnya kelelahan dapat meningkat, individu juga dapat mulai mengalami gangguan tidur seperti insomnia atau sleep apnea. Sakit kepala juga mungkin mulai terjadi. Bau napas juga tidak jarang terjadi dalam banyak kasus. Output urin juga dapat terpengaruh. Mungkin ada frekuensi buang air kecil yang lebih sedikit dan atau lebih sedikit urin saat  buang air kecil.

Dalam beberapa kasus, gagal ginjal dapat disebabkan oleh kondisi kronis. Dalam kasus ini kasus masalah yang dihasilkan dapat berlangsung tanpa batas waktu, ini juga dapat mengakibatkan apa yang disebut gagal ginjal tahap akhir. Kasus-kasus gagal ginjal ini dapat mengakibatkan kematian individu yang menderita.

Pada titik ini gejala mungkin telah meningkat dalam tingkat keparahan atau frekuensi ke titik diagnosis yang hampir jelas.

"Tanda-tanda gagal ginjal tingkat ini mungkin termasuk anemia dan mengakibatkan memar, pendarahan dan darah dalam tinja. Mungkin juga ada pembengkakan pada ekstremitas dalam beberapa kasus. Dalam beberapa kasus, masalah sistem saraf dan otak yang serius dapat berkembang juga. Masalah berkonsentrasi, mati rasa di beberapa area, kedutan dan kram, kebingungan umum dan sejumlah kesulitan lainnya mungkin ada. Mereka mungkin periodik atau konsisten," jelasnya.

Gejala-gejala yang tercantum dapat muncul dengan sendirinya pada titik mana pun dalam kegagalan ginjal. Selain itu ada sejumlah gejala lain yang mungkin ada. Dalam beberapa kasus individu mungkin tidak mengalami gejala apapun. Dalam semua kasus itu adalah kondisi yang serius. (*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan