Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Berikut Serba Serbi Mata Kering, Simak Penjelasan Dokter Mata Ini

28 Juli 2022   12:30 Diperbarui: 28 Juli 2022   12:39 63 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokter Agus Setyawan SpM DOkter RSI Banjarnegara (dokpri)

BANJARNEGARA - Banyak yang mengeluhkan tentang mata kering, tapi tahukah Anda bagaimana mata kering, termasuk penyebabnya? Berikut penjelasan Dokter Spesialis Mata RSI Banjarnegara Dokter Agus Setyawan SpM serba-serbi tentang mata kering.

"Kondisi mata seperti ini dikarenakan kurangnya kelembaban dan adanya kekeringan di mata," ujar dokter yang akrab disapa dokter Wawan ini.

Gejala Mata Kering

Gejala kondisi ini adalah sebagai berikut: iritasi, kekeringan, sensasi terbakar di mata, penglihatan kabur, dan rasa berpasir. Gejala tambahan termasuk air mata yang berlebihan dan mata berair.

Wawan menjelaskan, mata terdiri dari tiga lapisan air mata yang berbeda. Lapisan pertama disebut lapisan Lendir. Fungsi lapisan khusus ini adalah produksi air mata yang memberikan perlindungan dari bakteri mikroba di mata sehingga menjaga kornea aman dari infeksi.

Ia menambahkan, lapisan kedua disebut lapisan berair yang menyediakan mata dengan kandungan produksi air mata yang sebagian besar terdiri dari 90% air.

Lapisan ketiga disebut lapisan berminyak. Fungsi lapisan ini adalah untuk mencegah penguapan air mata pada lapisan air mata pada kornea yang dapat membantu mencegah mata kering.

Jika salah satu dari lapisan ini tidak berfungsi dengan baik, misalnya dalam kasus lapisan berminyak, berhenti bekerja dengan baik, tidak ada pelumasan berminyak yang disediakan untuk menjaga kelembaban di lapisan air mata. "Akibatnya air mata menguap sehingga menyebabkan masalah mata kering," tambahnya.

Selain itu, sistem kekebalan mata dapat rusak dan mengimbangi kekeringan di mata atau kurangnya produksi air mata dengan memproduksi air mata berkualitas buruk secara berlebihan.

Penyebab mata kering diantaranya,

1. Penyebab mata kering diantaranya merokok, minum kopi, memakai lensa kontak dan paparan faktor lingkungan tertentu seperti pemanas dan AC.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan