Mohon tunggu...
Nuful Khawari
Nuful Khawari Mohon Tunggu... Guru - merdeka

semangat

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Angkat Besi Harapan Baru Indonesia di Olimpiade

14 Agustus 2021   12:20 Diperbarui: 14 Agustus 2021   12:22 99 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Angkat besi berhasil membuat pencapaian bagus dengan selalu meraih medali di Olimpiade sejak Sydney 2000 hingga Tokyo 2020. Total sebanyak tujuh medali perak dan delapan perunggu telah diraih di ajang olimpiade.

Perolehan satu medali perak dan dua perunggu pada Olimpiade Sydney 2000, kemudian satu medali perak yang didapatkan Lisa rumbewas di Olimpiade Athena 2004, lalu empat tahun kemudian tiga atlet angkat besi Indonesia memperoleh tiga medali perunggu di Olimpiade beijing 2008,.mereka adalah Eko Yuli Irawan(56 kg putra),Triyatno(62 kg putra),dan Lisa Rumbewas (53 kg putri) .

Pada Olimpiade London 2012 tiga medali kembali diperoleh Indonesia melalui Citra Febrianti ( 53 kg putri) dan Triyatno (69 kg putra) yang masing-masing mendapat medali perak,serta Eko Yuli Irawan (62 kg putra) membawa pulang medali perunggu.

Sementara itu, pada Olimpiade Rio 2016, cabang andalan Indonesia ini kembali mendapatkan dua medali perak melalui kerja keras Sri Wahyuni Agustiani(48 kg putri) dan Eko Yuli Irawan ( 62 kg putra).

Yang terbaru dalam Olimpiade Tokyo 2020 yang baru saja berakhir, Indonesia berhasil menyabet tiga medali dari cabang olahraga angkat besi, melalui Eko Yuli Irawan( 61 kg putra) satu perak, Windy Cantika Aisah ( 49 kg putri) satu perunggu dan Rahmat Edwin Abdullah (73 kg putra) berhasil mengamankan satu perunggu untuk kontingen Indonesia.

Walaupun belum berhasil menyumbangkan medali emas seperti cabang olahraga Bulutangkis yang selalu menjadi andalan Indonesia, setidaknya konsistensi cabang olahraga angkat besi selama ini patut mendapatkan apresiasi dan perhatian yang lebih baik lagi dari pemerintah.

Akan tetapi hingga saat ini yang terjadi adalah pamor olahraga angkat besi di Indonesia masih kalah dibandingkan cabang olahraga lain yang lebih populer seperti sepakbola dan bulutangkis.

Tentu saja ini menjadi tugas pemerintah juga untuk meningkatkan popularitas olahraga angkat besi ini agar bisa semakin dilirik oleh masyarakat, siapa tahu dengan pembibitan yang baik dan perhatian yang lebih dari pemerintah akan muncul atlet angkat besi yang bisa terus mempertahankan konsistensi meraih medali di Olimpiade dan tentu saja meraih impian untuk bisa mendapatkan medali emas pertama lewat cabang olahraga angkat besi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan