Mohon tunggu...
N. Setia Pertiwi
N. Setia Pertiwi Mohon Tunggu... Avonturir

Gelandangan virtual

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

7 Cerita Menarik dari Pendaftar CPNS 2018, Kebanyakan Bikin "Gemas"

4 Oktober 2018   06:53 Diperbarui: 5 Oktober 2018   11:20 4122 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Cerita Menarik dari Pendaftar CPNS 2018, Kebanyakan Bikin "Gemas"
Ilustrasi: Peserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri. (KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO)

Sejumlah besar warga negara Indonesia usia produktif tengah meramaikan hajatan negara. Konon, ASN masih menjadi pekerjaan idaman bagi calon mertua. 

Tak heran, sejak dibuka pada tanggal 26 September 2018 lalu, situs SSCN BKN terus sibuk diserbu pengunjung. Calon PNS pun harus rela begadang atau bangun dini hari demi kelancaran koneksi ketika mengisi formulir, serta mengunggah beragam dokumen.

Maka, untuk menjaga marwah dalam menanggapi keluh kesah CPNS yang ketar-ketir, BKN meningkatkan kapasitas server dan mengundur tenggat waktu pendaftaran

Dari tanggal 10 Oktober 2018, kini menjadi 15 Oktober 2018. Sayangnya, perubahan tanggal tersebut belum tentu berpengaruh pada batas akhir pendaftaran dari instansi.

Yang seru, sejak moratorium usai di tahun 2017, perhelatan CPNS ini cukup menarik untuk jadi tontonan. Bukan hanya soal membludaknya peserta, namun juga kebangkitan hal-hal unik, lucu, dan dramatis. 

Apa saja? Berikut ini serangkaian kasak-kusuk pendaftaran CPNS 2018 yang menarik untuk disimak:

1. Kelahiran grup WA dan Telegram CPNS 2018
Naluri manusia sebagai makhluk yang enggan sendiri, mendukung adanya silaturahim untuk melangsungkan simbiosis mutualisme. Bagi CPNS generasi milenial, pembuatan grup WA dan Telegram menjadi koentjinja.

Mulai dari grup daring per instansi dan per daerah, grup khusus rekap formasi, khusus pembahasan soal, khusus bertanya perkara berkas, hingga grup gado-gado. 

Khusus yang terakhir ini, bukan grup kuliner, melainkan grup random yang anggotanya bisa bertanya soal CPNS 2018, sembari seru-seruan berteman, atau bahkan ketemu gebetan.

Dalam grup gado-gado, selama masih menjunjung tinggi moral dan kebaikan universal, anggota grup dipersilakan hadir penuh dan eksis menjadi diri sendiri. 

Setiap orang dapat saling menyemangati dengan tulus dan berinteraksi secara personal. Be real, keep humble. Setidaknya, jika kelak ada yang kurang beruntung mendapatkan NIP, mereka akan mendapat teman baru yang baik hati. Uwuwu~

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN