Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar alam

Penyuka kajian lingkungan dan budaya. Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Sabo Pengendali Aliran Lahar Dingin

9 Desember 2022   10:56 Diperbarui: 3 Januari 2023   23:22 914
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Grojogan Kapuhan - Sabo Merapi (Foto oleh suprihati)

Sabo sosok gagah perkasa. Menghadang aliran lahar dingin, menjinakkannya untuk melindungi masyarakat agar tidak terimbas kerasnya amukan muntahan gunung api. Sabo memberikan ruang aliran lahar dingin, simbol persahabatan dengan gunung berapi.

Sabo

Berada di wawasan cincin api, Indonesia memiliki banyak gunung berapi. Gunung berapi dengan segala aktivitasnya. Termasuk potensi erupsi dan ikutannya. Paduan bahaya dan berkah dari gunung api.

Akhir tahun ini ditandai dengan erupsi Semeru 2022. Pengingat erupsi gunung berapi dengan aneka muatannya. Awan panas, debu volkanik, lava pijar hingga muntahan materi di seputar puncak gunung.

Erupsi Semeru 2022 mengingatkan dengan aktivitas Gunung Merapi, setidaknya pada tahun 2010. Aktivitas luar biasa. Ikutannya adalah banjir lahar dingin yang mengalir di aliran sungai yang bermata air dari puncak.

Nah, disinilah sabo berperan. Sabo pada hakikatnya adalah sistem pengendalian aliran lahar dingin. Berfungsi untuk mengurangi kecepatan aliran sehingga memberi kesempatan pengendapan material bawaan.

Berada pada jalur aliran gunung berapi sekitar hulu. Aliran yang mengandung masa materi muntahan gunung api memiliki daya perusak besar. Seturut dengan energi potensial gravitasi. Keberadaan sabo melindungi daerah tengah dan hilir dengan meminimalkan potensi bencana.

Teknologi sabo ini berasal dari Jepang dan diadaptasi di seputar Gunung Merapi. Aneka sebutan semisal tanggul untuk bentuk yang paling sederhana. Ada pula yang menamai dam atau bendung dengan fungsi spesifik penahan aliran sedimen.

Berikut sajian sabo di Kali Apu dan Kali Pabelan amatan simbok antara 2013-2022.

Sabo Kali Apu sebagai pengendali aliran lahar dingin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun