Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar alam

Penyuka kajian lingkungan dan budaya. Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Artikel Feature, Seni Mengemas Cerita

30 November 2022   10:31 Diperbarui: 30 November 2022   18:59 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Artikel feature, seni mengemas cerita (olah grafis pribadi)

Berita hangat cepat menguap, namun cerita pendukungnya tinggal tetap. Penulis dan pembaca berkejaran dengan waktu untuk menyajikan dan menyimak berita. Kisah humanis penyerta berita selalu menarik untuk disantap dan perlahan disesap.

Artikel Feature

Sahabat kebun bertanya tentang artikel feature. Tulisan lain menyebutnya feature story memuat suatu kisah. Ada pula sebutan karangan khas, merujuk pada gaya penyajian sang penulis. Ya ini tentang seni mengemas cerita.

Pada dasarnya artikel feature merupakan fusi gabungan antara berita dengan opini. Dikemas dengan gaya bercerita, diwarnai oleh sisi menyentuh kemanusiaan. Unsur humanis menjadi loko penariknya. Disajikan menurut ciri khas penulisnya.

Kaidah utamanya adalah berbasis fakta, kenyataan yang dapat dipertanggungjawabkan. Suatu fakta dapat diteropong dari 360 derajat sudut pandang. Pemilihan sudut pandang yang menyajikan insight khas.

Kreativitas penulisnya sangat berperan baik dalam focus sudut penulisan maupun gaya penyajian kemasan cerita. Satu pokok bahasan akan mengandung beribu wajah penulisan artikel feature. Menjadikan tulisan yang bersifat tidak terikat waktu (timeless) dapat dinikmati kapanpun.

Paduan fakta, kekhasan insight pun seni penyajian menjadikan artikel feature disenangi penulis pun pembaca. Penulis pun pembaca tidak harus berlari kencang dalam penyajian dan mencernanya. Artikel feature memperkaya pemahaman atas suatu berita yang dikemas secara lugas dan cepat.

Seni Mengemas Cerita

Berdasarkan karakter artikel feature yang disajikan di atas, terbuka luas tentang seni mengemas cerita. Setidaknya ada beberapa hal yang dapat dijadikan bekal.

Penguasaan fakta. Pijakan dasar dari tulisan ini adalah fakta, sehingga penguasaan fakta menjadi dasar kekuatan. Aneka sumber dasar penguasaan fakta utamanya dari riset bacaan, amatan pun mendengar langsung dari nara sumber tulisan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun