Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Sitaring, Sirkuit Tanah Miring di Lereng Bukit Kendil Banyubiru

10 Desember 2019   09:43 Diperbarui: 12 Desember 2019   06:27 273 18 9 Mohon Tunggu...
Sitaring, Sirkuit Tanah Miring di Lereng Bukit Kendil Banyubiru
Memandang Rawa Pening dari Sirkuit Tanah Miring di Lereng Kendil (dok pri)

Memacu adrenalin dengan hobi berlaga di sirkuit tanah miring atau sekadar menontonnya? Mari berkunjung ke Sitaring. Berada di lereng bukit Kendil, Banyubiru. Bonus panorama Rawa Pening dari ketinggian sekitar 1000 mdpl.

Mengenali dan Mengembangkan Potensi Alam Setempat

Secara bentang alam, wilayah Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang terlihat unik. Berpagarkan jajaran perbukitan dengan aneka bentuk di sebelah Selatan. Rawa Pening menjadi penjaga di arah Utara.

Praktis jalur masuk besar dari gerbang Timur yaitu Salatiga, atau gerbang Barat dari Ambarawa. Tepian Rawa Pening dengan karakter khas hingga lereng perbukitan dengan tantangan alamnya.

Mengenali dan mengembangkan potensi alam setempat menjadi dasar pengelolaan wilayah. Ini pula yang dilakukan oleh Pemdes khususnya dusun Puwono, Desa Kemambang, Kecamatan Banyubiru.

Berlatar bukit Kendil (dok pri)
Berlatar bukit Kendil (dok pri)
Berada di lereng atas perbukitan Kendil, memiliki spot memandang bentang Rawa Pening. Apa yang dilakukan? Mewadahi para pehobi pemacu trail dibuatlah sirkuit tanah miring dengan sebutan Sitaring. Berlaga di kemiringan bukit.

Suatu sore, berbincang dengan Bapak Kadus Puwono beserta Ibu, ditemani secangkir kopi dan gula aren produk setempat.

Pak Kadus Puwono, Kemambang, Banyubiru (dok pri)
Pak Kadus Puwono, Kemambang, Banyubiru (dok pri)
"Kami berada di ketinggian sekitar 1000 mdpl di lereng bukit Kendil penjaga Gunung Telomoyo"

"Kegiatan bertani hanyalah jenis yang mengandalkan curah hujan. Aren, kopi tidak harus dirawat setiap hari. Pemuda kami berbondong mencari pekerjaan di kota"

"Kelompok muda, pokdarwis merancang spot Sitaring untuk menghidupkan wisata alam setempat. Harapan kami untuk menggeret agrowisata setempat juga mendapat dukungan budaya kesenian lokal kami"

Menikmati Bintang di Lereng Bukit Kendil
Ancar-ancar paling mudah adalah dari pusat wilayah Banyubiru. Mari mulai mendaki melalui jalan Belimbing Kuning, pasar Kebondowo menuju ke arah desa Kemambang. Sepanjang jalan disuguhi aneka wujud puncak perbukitan yang masih lumayan menghijau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN