Mohon tunggu...
Rilla Amanda
Rilla Amanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Actively Job Seeker

Udah lulus malah bingung mau ngapain | Tyring to turn overthinking into a more serious thing

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Self Healing Itu Ada di Genggaman Tangan

30 Juni 2022   07:59 Diperbarui: 30 Juni 2022   08:05 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto dari Pexels oleh Anna Shvets

Akhir-akhir ini topik tentang perbaikan diri, produktivitas hingga kesehatan mental bertebaran muncul di linimasa berbagai media sosial. Kita sadar, bahwa hidup harus seimbang dalam berbagai sisi. Dalam kehidupan yang terasa seperti sebuah pertandingan game survival, kita semua berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama, mendahului yang lain, mencapai sesuatu lebih dulu dan lebih banyak dari yang lain--dan masih merasa tidak puas.

Sebenarnya, apa asal muasal diciptakan kehidupan ini memang untuk berlomba ya?

Ah, daripada menghabiskan waktu berlarut-larut memikirkan kenapa semua orang bergerak begitu cepat, kenapa waktu berlalu seperti kilat, dan kita seolah terdiam di tempat---stuck. Sadari saja, kalau mungkin memang sudah saatnya kita memulai langkah seperti orang-orang itu. Mengejar perbaikan diri, meningkatkan kreativitas dan produktivitas, menjaga kesehatan fisik dan mental.

Referensi dan inspirasi tersedia banyak sekali saat ini. Semua tergantung pada kita, mau atau tidak mengetukkan jari di layar ponsel untuk mencari dan menjelajahi sesuatu yang membantu kita bangkit atau kembali larut menonton perlombaan orang-orang.

Setelah melewati berbagai fase semangat dan hancur akhir-akhir ini, saya sendiri perlahan mencoba kembali menegakkan kepala, meyakini diri sendiri untuk bisa ikut mengambil peran dalam perlombaan kehidupan ini. Alih-alih memutuskan menemui ahli psikologi dan kesehatan, untuk memulai kembali hari-hari saya yang hancur, saya hanya perlu menyalakan layar ponsel yang cukup pintar ini, mengaktifkan jaringan internet, dan menonton YouTube.

YouTube adalah media sosial yang sangat membuat saya candu, berbagai hal dapat saya tonton disitu. Kemampuan algoritmanya memberikan kita rekomendasi tontonan, membuat saya betah berlama-lama menatap layar ponsel. Dan ketika saya memutuskan untuk mencari video motivasi, saya sangat bersyukur akan algoritma YouTube Recommendations itu. Saya menemukan beberapa channel yang bagi saya berhasil memberikan pengaruh cukup baik untuk kegiatan sehari-hari, secara pelan-pelan, hingga akhir-akhir ini saya merasa lebih baik.

Saya akan memberi ulasan dan rekomendasi empat channel yang saya rasa, perlu kita tonton jika ingin memulai sesuatu yang positif. Masing-masing adalah dua channel dari luar dan dalam negeri.

1. Lavendaire

Lavendaire adalah channel pertama yang saya temui saat mencari-cari video tentang self healing dan personal growth. Dan akhirnya saya benar-benar menyukai channel ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun