Mohon tunggu...
Kesehatan

Hewan dengan Racun Paling Mematikan

11 Oktober 2015   14:12 Diperbarui: 11 Oktober 2015   17:18 1490 2 2 Mohon Tunggu...

    Setiap manusia tentunya mempunyai insting bertahan dalam berbagai bahaya ataupun situasi yang mengganggu dalam kehidupan kita, begitupun dengan oraganisme-organisme lain, termasuk hewan. Beberapa hewan mempunyai insting pertahanan dengan cara menyerang mangsa ataupun predatornya menggunakan toksin berupa racun (poison) atau bisa (venom) yang dapat melumpuhkan bahkan bersifat mematikan.

    Sebelum membahas lebih lanjut perlu diketahui perbedaan antara racun (poison) dan bisa (venom) yang sering dianggap sama artinya oleh masyarakat awam padahal pada sesungguhnya kedua kata inimemiliki arti yang sangat berbeda. Racun (poison) hanya dapat terabsorbsi melalui kulit atau melalui sistem pencernaan,oleh karena itu kita hanya akan terpapar racun ini apabila kita menyentuh hewan ini ataukah memakannya. Sedangkan bisa (venom) dari binatang memasukkan racunnya melalui gigitan, sengatan, atau tusukan yang dapat masuk langsung ke dalam pembuluh darah.

    Beberapa hewan berbahaya yang mengandung racun ataupun bisa sebaiknya dihindari dalam berinteraksi dengan mereka ataupun mengonsumsinya karena dapat menimbulkan resiko yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan kematian untuk manusia.

     8. Poison Dart Frog (Katak Panah Beracun)

     Katak beracun ini tidak hanya dari satu spesies saja, melainkan seluruh dari famili katak ini yaitu Dendrobatidae bersifat beracun. Jika dilihat sekilas katak ini memang tampak menarik dan indah untuk dilihat, namun jangan pernah sekali kali untuk menyentuhnya. Salah satu spesies yang paling mematikan, golden dart forg memiliki racun yang sangat poten dimana dalam jumlah sedikit sudah dapat membunuh manusia dewasa. Racun ini mengandung pumiliotoxin, histrinicotoxin, bathrachotoxin, yang dapat memblok sinyal saraf ke otot yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Oleh karena itu racun pada katak ini sering dimanfaatkan dalam pembuatan panah beracun oleh suku-suku pedalaman di Amerika yang digunakan untuk perang ataupun pertahanan diri.

[caption caption="Poison Dart Frog"][/caption]

[caption caption="Golden Poison Dart Frog"]

[/caption]

 

     7. Puffer Fish (Ikan Buntal)

     Di Indonesia lebih dikenal sebagai ikan buntal. Ikan ini sama sekali tidak berbisa atau memiliki venom, dan hanya akan berbahaya apabila dikonsumsi dengan proses pengolahan yang salah. Di jepang ikan ini dapat dikonsumsi namun hanya dapat diolah dan disajikan oleh koki yang mempunyai sertifikasi khusus dalam menangani ikan buntal ini, hal ini dikarenakan ikan ini mengandung tetrodotoxin pada bagian kulit, hati, dan kelenjarnya yang dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan, ataxia (kehilangan koordinasi atas gerakan otot) yang dapat menyebabkan kelemahan otot dan kelumpuhan.

[caption caption="Puffer fish"]

[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x