Esensialisme merupakan pendidikan yang berdasarkan pada suatu nilai-nilai kebudayaan yang sudah ada sejak lama. Aliran ini munc sejak zaman renaisan,aliran ini juga memiliki perbedaan dengan aliran progresivisme,perbedaan tersebut yaitu dalam memberikan suatu dasar berpijak terhadap suatu pendidikan yang belum fleksibilitas. Aliran esensialisme tersebut memiliki pandangan bahwa pendidikan harus berpijak pada kejelasan.
Pemikiran tokoh aliran esensialisme
1. William C.Begley
William C.Begley memiliki keyakinan bahwa fungsi yang paling utama pada suatu pendidikan adalah menyampaikan budaya dan sejarah kepada generasi-generasi muda.ia juga berpendapat bahwa suatu pemikiran esensialisme yaitu sebagai berikut:
1). Minat yang kuat yang selalu timbul dari upaya belajar yang menarik perhatian bukan karena suatu dorongan pada diri dalam siswa.
2). Suatu penghargaan,pengawasan dan juga bimbingan oleh orang dewasa sejak masa balita dengan proses yang panjang dan memiliki ketergantungan khusus pada manusia.
3). Kemampuan suatu kedisiplinan yang harus menjadi tujuan dari suatu pendidikan.
2. Thomas Biggs
Thomas Biggs memiliki pemikiran yaitu suatu pergerakan progresif telah merusak standar intelektual dan moral seluruh kaum muda.
3. Frederick Biggs
Menurutnya yaitu kultur kita memiliki suatu inti pengetahuan umum yang diberikan sekolah kepada siswa. Aliran esensialisme ini menekankan kepada suatu yang mendukung pengetahuan dan keterampilan.