Mohon tunggu...
Novi Nurul Khotimah
Novi Nurul Khotimah Mohon Tunggu... Menulislah dengan hati

GURU MULIA ADALAH GURU YANG BERKARYA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Pindah Domisili Mewarnai PPDB Sistem Zonasi

18 Juni 2019   11:32 Diperbarui: 25 Juni 2019   06:16 0 14 4 Mohon Tunggu...
Pindah Domisili Mewarnai PPDB Sistem Zonasi
Orangtua dan calon siswa mengantre sebelum pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA-SMK di SMAN 2 Bandung, Jawa Barat, Senin (17/6/2019). (Antara Foto/M Agung Rajasa)

Goresan tangan kali ini berawal dari percakapan dengan putri cantik saya beberapa bulan lalu. Tepatnya sebelum dilaksanakan Ujian Nasional SMP. Putri saya termasuk peserta Ujian Nasional untuk jenjang SMP di tahun 2019 ini.

"Ma, teman-teman Dede banyak yang pindah tempat tinggal."

"Oh gitu. Kenapa, De, mereka pindah rumah? Rumahnya sedang dibangun?"tanya saya agak penasaran (hehe..agak kepo juga).

"Bukan, Ma. Kan mau PPDB. Katanya tahun ini PPDB ke SMA zonasi murni, Ma," jawab putri saya saat itu. 

"Owh begitu yah, De. Dede mau ikutan pindah juga?" tanya saya agak menyelidik.

"Idiih... Enggak ah, Ma," jawab putri saya sambil menyungging senyum.

Saya memberi jempol buatnya atas jawaban tersebut sambil mengatakan, "Bagus, Dede fokus saja dengan belajar ya, Sayang."

Hari Senin, 17 Juni 2019 merupakan hari pertama Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMA di Tanah Air yang dikelola oleh Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing. Pendaftaran berlangsung selama enam hari, 17 Juni-22 Juni 2019.

Adapun jalur PPDB dan kuota dari daya tampung sekolah tahun ini terdiri atas 3 jalur. Pertama, jalur perpindahan orang tua (5%). Kedua, jalur prestasi (5%). Ketiga, jalur zonasi (90%).

Jalur zonasi ini menuai kotroversi dan selalu menjadi perbincangan hangat, aktual bagi para orangtua atau pihak-pihak tertentu yang terkait dengan PPDB tahun ini. Begitupun perbincangan di grup medsos ataupun saat ada kesempatan bertemu sesama orangtua yang memiliki putra-putri yang akan melaksanakan PPDB di tahun ini. Tak terkecuali dengan putri saya yang akan melaksanakan PPDB ke jenjang SMA. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3