Mohon tunggu...
Novi FeraIrawan
Novi FeraIrawan Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis prodi Manajemen Universitas Panca Sakti Tegal

musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh pendidikan Terhadap Kualitas Anak Pedalaman

28 Desember 2024   15:37 Diperbarui: 28 Desember 2024   16:01 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                              PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP KUALITAS ANAK PEDALAMAN

                                                                                                             

Anak anak di daerah pedalaman sering menghadapi tantangan dalam mengakses pendidikan yang layak yang bertambah pada kualitas hidup mereka. Daerah pedalaman yang umumnya terletak di wilayah terpencil dengan akses yang sulit, kerap menghadapi berbagai kendala yang menghambat kemajuan pendidikan kondisi geografis yang sulit dijangkau seringkali membuat pembangunan infrastruktur pendidikan, seperti sekolah yang layak, sulit dilakukan. mj

Masyarakat di pedalaman masih menganggap pendidikan formal sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting dibandingkan dengan tradisi atau pekerjaan domestik yang berlangsung mendukung kebutuhan hidup sehari-hari akibatnya banyak anak di pedalaman yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau bahkan putus sekolah di usia dini.

A. Pengaruh Pendidikan terhadap kualitas anak pedalaman

  a.)Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan

Pendidikan memberikan kemampuan dasar seperti membaca, menulis dan berhitung yang Esensial untuk kehidupan sehari-hari, dengan akses pendidikan yang memadai, anak anak di pedalaman dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Mereka dapat belajar membaca, menulis, dan berhitung, yang akan membantu mereka dalam berbagai aspek kehidupan,termasuk dalam mencari pekerjaan di masa depan.

 b) Kesadaran Kesehatan

      Melalui pendidikan, anak anak memahami pentingnya kesehatan, dan pola makan yang sehat yang membantu mereka menjaga          kesehatan pribadi dan keluarga.

c) Pengembangan Kemandirian Dan Kepercayaan Diri

Dengan mendapatkan pendidikan anak anak di pedalaman dapat mengembangkan kemandirian yang baik dapat belajar bagaiman mencari informasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan yang bijaksana, hal ini akan membantu mereka menjadi individu yang lebih mandiri dan percaya diri.

d) Peluang Pekerjaan Pengentasan Kemiskinan

  Anak anak yang terdidik Memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang layak yang dapat membantu                    mengentaskan kemiskinan di komunitas mereka. Pendidikan yang memadai membuka pintu bagi anak anak pedalaman untuk    memiliki lebih banyak kesempatan pekerjaan di masa depan. Dengan memiliki kualifikasi kasih yang baik, mereka memiliki          peluang yang baik untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

e) Perubahan Sosial Dan Pelestarian Budaya

    Pendidikan dapat menjadi katalisator perubahan sosial dan ekonomi di daerah pedalaman. Dengan meningkatnya tingkat               pendidikan masyarakat dapat mengalami peningkatan dalam hal kesejahteraan ekonomi, kesehatan dan partisipasi dalam             kehidupan masyarakat.

B. Tantangan dalam Penyediaan Pendidikan di daerah pedalaman

  •       Keterbatasan Infrastruktur

Kurangnya fasilitas pendidikan yang memadai menghambat proses belajar mengajar. Kendala pendidikan di daerah terpencil sarana dan prasarana yang kurang memadai, Jumlah dan kualitas tenaga pendidik yang buruk, tidak adanya kesadaran dari masyarakat pentingnya pendidikan, kurangnya perhatian dari pemerintah akses jalan, listrik dan internet yang sangat buruk atau bahkan tidak ada, serta biaya pendidikan yang mahal.

  •        Kekurangan Tenaga Pendidik Berkualitas

Sulitnya mendapatkan guru yang bersedia mengajar di daerah terpencil berdampak pada kualitas pendidik. padahal kualitas seorang diukur melalui seberapa jauh pendidikan yang dicapai karena kualitas seorang sarjana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan sangat memengaruhi kualitas seorang anak pedalaman.

  •         Faktor Sosial dan Budaya

Beberapa nilai budaya lokal mungkin tidak mendorong pentingnya pendidikan formal.,Pendidikan dikerjakan oleh siapa pun tanpa memandang derajat setiap pelakunya begitu pula kualitas anak pedalaman anak suku dalam mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan Yang telah banyak diberikan pemerintah, mereka layak untuk dapat Meningkatkan kesejahteraan hanya dalam menjalani kehidupan.

C. Solusi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Daerah Pedalaman

  •        Peningkatan Infrastruktur Pendidikan

Pembangunan dan perbaikan fasilitas pendidikan untuk menciptakan lingkungan Belajar yang kondusif. Upaya kolaboratif antara pemerintah, masyarakat lokal, organisasi non pemerintah, dan pihak lainnya dapat membantu Meningkatkan kualitas pendidikan di pedalaman dan dengan demikian, meningkatkan kualitas hidup anak anak yang tinggal di wilayah tersebut.

  •         Pelatihan dan Insentif  bagi Tenaga Pendidik

 Memberikan pelatihan dan insentif untuk menarik guru berkualitas ke daerah pedalaman tenaga pendidik memiliki peran yang sangat vital dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas, terutama di daerah pedalaman yang menghadapi berbagai keterbatasan.

  •   Pendekatan Pendidikan yang Adaptif

Mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan lokal dan memperhatikan kondisi lingkungan setempat, lokal dan memperhatikan kondisi lingkungan setempat, pendidikan adaptif dapat diberikan di daerah pedalaman dengan mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan lokal dan memperhatikan kondisi lingkungan tempat tinggal anak.

KESIMPULAN     

Pendidikan memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas hidup anak anak di daerah pedalaman pendidikan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kualitas hidup anak anak di daerah pedalaman melalui pendidikan, anak anak memperoleh pengetahuan keterampilan dan wawasan nya tidak hanya membantu mereka dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari tetapi juga membuka peluang untuk keluar dari lingkaran kemiskinan.

REFERENSI 

           Sumber Resmi Pemerintah

BIO NARASI 

Nama : Novi Fera Irawan

Program Studi : Manajemen SDM

Universitas : UPS Tegal

Saya adalah seorang mahasiswa semester 7 yang sedang menempuh Pendidikan di jurusan Manajemen sumber daya manusia (SDM). Penulis memiliki ketertarikan pada pengelolaan dan pengembangan potensi manusia dalam organisasi. Selain itu, saya pernah menjalani pengalaman magang di DPRD Kab Brebes, Dimana saya berkesempatan untuk terlibatkan dalam berbagai aktivitas yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan, pengelolaan dokumen resmi, serta mendukung koordinasi antara anggota legislative. Pengalaman ini memberikan pemahaman langsung tentang tata Kelola pemerintahan daerah dan pentingnya kolaborasi dalam proses pembuatan kebijakan .

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun