Mohon tunggu...
Novia ErnaYulianti
Novia ErnaYulianti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Uhamka

Seorang mahasiswa universitas prof.Dr.Hamka, Memiliki ketertarikan dalam dunia broadcasting dan jurnalistik.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan CV Warkop Bercakap

27 Januari 2023   03:39 Diperbarui: 27 Januari 2023   17:35 322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Komunikasi Organisasi

komunikasi organisasi mempunyai peran penting dalam memadukan fungsi manajemen dalam suatu perusahaan seperti menetapkan dan menyebarluaskan tujuan perusahaan, menyusun rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, melakukan pengorganisasian terhadap sumber daya manusia dan sumber daya yang lainnya dengan cara efektif dan memimpin, mengarahkan, memotivasi dan menciptakan iklim yang menimbulkan keinginan orang untuk memberikan kontribusi, serta mengendalikan prestasi. Hampir sama halnya dengan pendapat Rangkuti, Muhammad (2007:118) juga mengatakan bahwa komunikasi membantu pegawai mengatasi masalah masalah pekerjaan dan memperkuat keterlibatan pegawai dalam tugas-tugasnya seperti apa yang dilakukan oleh karyawan, bagaimana pekerjaannya, hasil yang dicapai, kemajuan mereka dan rencana masa yang akan datang.

Dengan demikian, komunikasi mampu membantu karyawan dalam mengatasi masalah-masalah yang sedang dialami oleh karyawan baik internal maupun eksternal. Komunikasi yang baik mampu meningkatkan kualitas pekerjaan yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Perusahaan merupakan salah satu organisasi yang menghimpun orang-orang yang biasa disebut dengan pegawai untuk menjadwalkan rumah tangga produksi persusahaan, tanpa adanya campurtanganpegawai maka perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik, karena kemampuan pegawai tercermin dari seberapa maksimalnya kinerja pegawai dan kinerja yang baik adalah kinerja yang optimal. Oleh karena itu, jika keefektifan dalam berkomunikasi antar pegawai masih belum berjalan dengan baik dan masih kurang maksimalkan. Keefektifan komunikasi organisasi dapat membantu pegawai memaksimalkan hasil kerjanya dan membantu pegawai lebih mudah dalam menerima informasi secara cepat dan tepat dan memenuhi semua tanggung jawab pekerjaanya

Bagaimana hubungan komunikasi dengan kinerja karyawan?

Komunikasi dan kinerja karyawan berhubungan erat dan saling mempengaruhi. Ketika komunikasi di tempat kerja tersampaikan dengan jelas dan dapat meminimalisir tingkat ke khawatiran karyawan, maka kinerja pegawai juga akan berkorelasi positif, selain itu komunikasi dan motivasi sangat berpengaruh untuk kinerja karyawan, karena komunikasi merupakan salah satu faktor paling penting dalam bekerja.

Komunikasi sangat berfungsi  dalam  kegiatan  berorganisasi  yaitu untuk menghubungkan antara sesama karyawan,  baik itu pimpinan terhadap karyawan,  mau pun karyawan sesama karyawan lainnya,  yang akan  berujung pada pencapaian kinerja karyawan  yang  berkualitas.  Hubungan komunikasi yang baik dapat mendorong dan memberikan tanggung jawab dalam tugas-tugas mereka.

Motivasi

Motivasi adalah cara mendorong gairah kerja karyawan, agar mereka mau bekerja keras dengan memberikan semua kemampuan dan keterampilannya untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Karena pada dasarnya perusahaan bukan saja mengharapkan karyawan yang mampu, cakap dan terampil, tetapi yang terpenting mereka mau bekerja giat dan berkeinginan untuk mencapai hasil kerja yang optimal.

Kemampuan, kecakapan dan keterampilan karyawan tidak ada artinya bagi perusahaan, jika mereka tidak mau bekerja keras mempergunakan kemampuan, kecakapan dan keterampilan yang dimilikinya. Berikut adalah beberapa motivasi untuk mendorong semangat kerja karyawan di perusahaan, yaitu:

  • Motivasi semangat kerja sangat diperlukan oleh karyawan.
  • Motivasi dapat mendorong karyawan untuk berpikir kreatif dalam memberikan output pekerjaan mereka.
  • Motivasi dapat membuat kinerja karyawan menjadi lebih cepat dan maksimal.
  • Motivasi dapat membuat karyawan untuk selalu memberikan hasil usaha yang terbaik.
  • Motivasi dapat membantu pengembangan diri masing-masing karyawan.

Kinerja Karyawan

Konsistensi Kinerja Pegawai atau Kinerja karyawan adalah suatu hal sangat berpengaruh bagi kesuksesan sebuah perusahaan, kinerja atau performa karyawan yang bagus akan berbanding lurus dengan hasil baik dalam perkembangan bisnis perusahaan. Sebaliknya, kinerja yang buruk akan berdampak buruk pula pada perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun