Mohon tunggu...
Novelina ChoiralaSimorangkir
Novelina ChoiralaSimorangkir Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Asistensi Mengajar: Memupuk Jiwa Pendidikan

15 Desember 2023   20:00 Diperbarui: 15 Desember 2023   20:02 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Asistensi Mengajar (AM) merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri di luar kampus. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku perkuliahan, sekaligus untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia pendidikan.

Pada tahun 2023, saya berkesempatan untuk mengikuti program AM di SMP Nasional Malang. Selama kurang lebih 18 minggu, saya melaksanakan kegiatan akademik, kegiatan non akademik, dan kegiatan administrasi.

Kegiatan akademik yang saya lakukan adalah kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan utama yang saya lakukan selama mengikuti AM. Saya dibimbing oleh guru mata pelajaran IPA untuk mengajar kelas 8C. Materi yang saya ajarkan adalah Struktur dan fungsi mahluk hidup. Pada awalnya, saya merasa kesulitan untuk mengajar karena belum memiliki pengalaman mengajar sebelumnya. Namun, dengan bimbingan dari guru pamong dan dosen pembimbing, saya mulai bisa menyesuaikan diri dan mengajar dengan lebih baik.

Salah satu tantangan yang saya hadapi dalam mengajar adalah memotivasi siswa untuk belajar. Saya menyadari bahwa siswa SMP memiliki minat yang bervariasi, sehingga saya harus berusaha untuk menemukan cara yang tepat untuk menarik minat mereka. Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Saya juga berusaha untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar siswa merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar.

Selain kegiatan pembelajaran, saya juga berkesempatan untuk mendampingi kegiatan ekstrakurikuler batik. Saya dibimbing oleh guru mata pelajaran Seni Budaya untuk mendampingi kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Saya merasa senang bisa mendampingi kegiatan ekstrakurikuler batik. Saya bisa belajar banyak hal tentang dunia membatik, sekaligus bisa membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan mmembatikmereka.

Pada bulan Oktober 2023, SMP Nasional Malang mengadakan kegiatan Bulan Bahasa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi di kalangan siswa. Saya berkesempatan untuk menjadi panitia dalam kegiatan Bulan Bahasa ini. Saya membantu dalam berbagai kegiatan, seperti lomba vokal duet, lomba baca puisi, dan lomba permainan tradisional. Saya merasa senang bisa terlibat dalam kegiatan Bulan Bahasa. Saya bisa belajar banyak hal tentang dunia literasi, sekaligus bisa ikut berperan dalam meningkatkan minat baca dan budaya literasi di kalangan siswa.

Pada tanggal 27 November 2023, SMP Nasional Malang mengadakan peringatan Hari Guru Nasional. Pada kegiatan ini, saya bersama dengan siswa lainnya memberikan kejutan kepada guru-guru di SMP Nasional Malang. Kami memberikan ucapan selamat Hari Guru dan memberikan kado sebagai bentuk apresiasi kami kepada guru-guru. Saya merasa senang bisa ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Guru. Saya bisa belajar banyak hal tentang pengorbanan dan dedikasi guru dalam mendidik siswa.

Pada kegiatan asistensi mengajar ini, saya juga berkesempatan untuk mendampingi kegiatan P5. Kegiatan P5 P5 ini adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi. Saya membantu siswa dalam berbagai kegiatan, seperti demokrasi, pemilihan osis, dan pengolahan sampah. 

Saya merasa senang bisa mendampingi kegiatan P5. Melalui program AM, saya mendapatkan banyak pengalaman berharga. Saya belajar tentang dunia pendidikan, sekaligus bisa mengembangkan diri secara profesional dan personal. Saya menyadari bahwa menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah. Namun, saya juga menyadari bahwa menjadi seorang guru adalah hal yang mulia. Saya berharap, pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti program AM ini bisa menjadi bekal bagi saya untuk menjadi seorang guru yang baik di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun