Mohon tunggu...
Norberth Javario
Norberth Javario Mohon Tunggu... Konsultan - Pengelana Ilmu

Menulis semata demi Menata Pikiran

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Ambulans Gratis Berlabel Parpol, Simbol Cinta Pada Rakyat

27 Januari 2023   16:31 Diperbarui: 1 Februari 2023   14:19 729
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi Ambulans. (Dok. Humas Pemkot Balikpapan via kompas.com)

Hari ini saya berkendara beriringan dengan sebuah mobil ambulans. Dalam perjalanan lintas pulau Timor ini, saya mengekor di belakangnya dalam rentang waktu cukup lama. Alhasil, saya jadi paham situasi dan kondisi mobil di depan. 

Mobilnya masih baru, nampak dari warna catnya yang cemerlang berkilat-kilat ditimpa sinar matahari. Dari logonya jelas itu D******u, sebuah jenama terkenal dari Jepang. 

Sengaja saya samarkan biar jangan dikira iklan. Pelat nomornya juga bukan berwarna merah layaknya mobil dinas tetapi hitam. Tak ada tanda palang merah besar di samping, tapi diganti dengan dua nomor hotline, terpampang di kaca sampingnya yang lebar. 

Kaca belakangnya ditempel kaca film bergambar dua sosok manusia dengan kombinasi tulisan dan angka. Yang membuat saya tahu bahwa itu ambulans adalah tulisan besar AMBULANCE dan ada pula sirene besar di atasnya.

Betul sekali, itu mobil ambulans dari salah satu parpol.

Pasti Anda penasaran, mobil partai apakah itu. Saya kasih clue, warna kebesaran partai besar itu diambil dari salah satu warna balon lagu Balonku Ada Lima. 

Silakan Anda menyanyikan lagu hits anak-anak sepanjang masa tersebut dalam hati - minimal reffrein - lalu menebak warna yang identik dengan partai dalam kisah ini.

Bagaimana, sudahkah Anda bernyanyi?

Seni menghiasi kaca mobil rupanya sudah sampai tahap amat keren. Didukung teknologi canggih, pada kaca belakang ambulans yang saya "kuntit", tercetak logo partai, wajah politikus dan semua tetek bengek ornamennya. 

Jelas sekali. Di bagian kiri terpampang foto sesosok calon anggota DPR-RI yang mukanya saya hafal sebab beliau pernah mencalonkan diri lima tahun silam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun