Mohon tunggu...
nopa
nopa Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan

WA

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Cara Melakukan Meditasi Sebelum Tidur

13 Agustus 2022   06:23 Diperbarui: 13 Agustus 2022   06:38 98 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image ilustrasi. Sumber : id.pinterest.com

Jika Anda sering mengalami kesulitan tidur di malam hari, Anda tidak sendirian. Sekitar 35-50% orang dewasa di seluruh dunia secara teratur mengalami gejala insomnia.

Bagi banyak orang, masalah tidur terkait dengan stres. Itu karena stres dapat menyebabkan kecemasan dan rasa tidak aman, sehingga sulit untuk tertidur. Dalam beberapa kasus, stres memperburuk masalah tidur yang Anda alami.

Menurut Live Strong, meditasi dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Sebagai teknik relaksasi, dapat menenangkan pikiran dan tubuh sambil mempromosikan kedamaian batin. Bila dilakukan sebelum tidur, meditasi dapat menghilangkan insomnia dan kesulitan tidur.

Manfaat melakukan meditasi sebelum tidur 

Meditasi berguna karena menenangkan saraf, menyeimbangkan sistem saraf simpatik, memicu respons gairah, dan membantu mengontrol waktu istirahat dan pencernaan. 

Saat Anda stres, tubuh Anda memasuki kondisi "siap bertarung". Semakin lama kondisi ini berlangsung, semakin lelah otak dan tubuh. Karena itu, menenangkan sistem saraf dapat membatasi pikiran negatif yang mempengaruhi tidur.

"Melakukan meditasi juga meningkatkan energi spiritual seseorang, hubungan manusia dengan sang pencipta" ungkap Ridhologi, praktisi meditasi.

Para ahli telah lama mempelajari manfaat meditasi pada tidur. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine pada tahun 2015 menunjukkan bahwa metode ini membantu mengobati gangguan tidur. Setelah berlatih meditasi, orang dewasa dengan insomnia kronis melihat penurunan yang signifikan dalam masalah seperti insomnia, depresi, kecemasan, stres, dan kelelahan.

Selain itu, proses pernapasan juga merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya. Pernapasan yang dalam, lambat, dan stabil merangsang saraf vagus, yang terhubung ke sistem limbik, yang mengontrol emosi, di otak. Pernapasan dalam bertindak sebagai sinyal keamanan ke otak, membantu tubuh untuk keluar dari keadaan stres.

Meditasi akan menghilangkan sebagian besar pikiran yang membuat stres dan ini akan membantu Anda tertidur lebih cepat. Dengan kata lain, semakin sedikit Anda berpikir, semakin mudah untuk tidur siang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan